Pages

SEJARAH DAN MITOS BENTENG ANNA ( FORT ANNE ) KABUPATEN MUKOMUKO

0 komentar

1. Sejarah Singkat Benteng Anna (Fort Anne)

Benteng Anna adalah salah satu benteng peninggalan Inggis yang terdapat di pesisir barat Sumatera, tepatnya berada di wilayah Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu.

Benteng Anna didirikan oleh kolonial Inggris (East India Company) pada tahun 1798 di tepi sungai Selagan yang berada di kabupaten Mukomuko, pada saat itu benteng ini dipergunakan untuk pertahanan perang dan aktivitas perdagangan hasil bumi. Nama Benteng Anna Sendiri diambil dari nama seorang bangsawan yaitu Keningin Anne van England.

dan Pada saat ini Benteng Anna telah rusak dan runtuh bahkan hampir tidak ada yang menyangka kalau reruntuhan yang ada di situ adalah sebuah benteng yang memiliki banyak sejarah untuk kab.mukomuko dan Indonesia. 

hal itu terjadi akibat beberapa faktor, seperti faktor alam, faktor manusia, dan sebagian masyarakat lagi ada yang mengatakan karena adanya Mitos masyarakat yang beredar.

Pada tahun 1950-an banyak yang menyebut benteng ini masih ada dengan bentuk utuh, namun dengan runtuhnya bangunan benteng menyebabkan bentuk asli benteng sudah tidak diketahui lagi wujudnya. 

2. Benda Bersejarah yang masih tertinggal.

banyak yang mengatakan banyak benda-benda bersejarah yang ada di benteng anna pada masa dulu, namun kini benda bersejarah yang masih bisa kita lihat adalah 2 meriam kuno peninggalan penjajahan inggis dan reruntuhan tembok benteng. sementara benda benda lain sudah tidak ada lagi yang tahu kemana perginya.

3. Mitos Benteng anna

di setiap situs sejarah atau bangunan tua pastilah ada mitos yang berkembang, dan untuk kebenarannya kita tidak pernah tahu, tak terkecuali dengan Bangunan Tua Benteng Anna yang berada di Kabupaten Mukomuko. banyak cerita rakyat yang beredar mengenai mitos2 tersebut.
- konon di sekitaran Benteng Anna terdapat lorong-lorong bawah tanah yang menghubungkan Benteng Anna dengan Benteng York dan benteng Marlborough di pesisir selatan sumatera atau tepatnya di kota Bengkulu, tapi sampai saat ini belum pernah ada satu orang pun yang mengetahui letak persis di manakah lorong tersebut berada.

- Runtuhnya Benteng Anna dan erosi sungai selagan akibat ulah manusia itu sendiri, terlepas dari fakta runtuhnya benteng anna, di sini ada mitos yang beredar bahwasannya benteng anna akan runtuh apa bila ada orang yang mengambil tanah di sekitaran benteng anna dengan cara mencangkul, dan lagi lagi ini adalah mitos masyarakat yang berkembang di sana.

- Benda Pusaka Yang Sudah di Pindahkan Tapi kembali lagi ke tempatnya, mitosnya pada zaman dulu juga ada beberapa benda yang sengaja di pindahkan dan di bawa oleh seseorang dari daerah Pulau Jawa, Namun anehnya benda-benda tersebut kembali lagi ke benteng.


nah itu sejarah singkat dan beberapa mintos yang ada di benteng anna, gi mana percayakah dengan mitos mitos di sana,. ??

memiliki benteng anna meski kini sudah tak utuh lagi menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi kita, maka dari itu perlu adanya kesadaran bagi kita semua untuk sesalu tetap menjaga situs situs bersejarah yang ada di bumi nusantara ini. #Arifin Soeparman





0 komentar:

Posting Komentar

terimakasih kak, sudah mampir ke bog kami, jika punya informasi menarik, bisa lagsung kirimkan melalui Cp 082280924918