Portal Blog Ku

" NEWS " DESA MARGA MUKTI MENJADI DESA TERBAIK DI TAHUN 2019

Gambar
Portalblogku.com / Senin,15 April 2019, Peningkatan pelayanan dan juga administrasi dalam sebuah Desa merupakan salah satu bagian terpenting untuk dapat memajukan Desa tersebut, harapannya administrasi yang baik dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan juga kinerja dari desa, dan pada 09 April 2019 Lecamatan Penarik kembali mengadakan Lomba Anyar Desa Tingkat Kecamatan Penarik untuk dapat menilai kinerja Desa di wilayahnya, sementara itu pengumuman yang di laksanakan pada 15 April 2019 keluar sebagai Desa Terbaik adalah Desa Marga Mukti.
Kepala desa marga mukti Marwanto menyampaikan prestasi ini tentunya tidak lepas dari semua pihak terlebih kerja sama antar perangkat desa marga mukti yang terus meningkatkan pelayanan dan kedisiplinan kinerjanya.
" Ya semua ini sebetulnya berkat kerjasama antara perangkat desa yang mencoba selalu meningkatkan kedisiplinan kerja serta pelayanan terhadap masyarakat " ujarnya.
beliau juga menambahkan bahwa dalam sebuah struktural kepemerintah…

MENGENAL CHARITY EXPEDITION MEBs (Sebuah Ekspedisi Amal Mukomuko Explorer Bikers)

 "Mukomuko Ekslorer Bikers ( MEBs ) Saat melahkukaan CE"

Ditengah bermunculannya forum, komunitas dan club motor di Kabupaten Mukomuko yang demikian banyak dengan latar belakang yang beragam, sebagian orang mungkin masih asing dengan  MEBs (Mukomuko Explorer Bikers), sebuah forum biker yang mewadahi gagasan dan inisiasi program yang berorientasi pada kepedulian terhadap kelestarian alam, sosial, religi dan humanitas yang terlihat jelas dari tagline "Ride For Care"  MEBs yaitu Natural, Social, Religy and Humanity. Salah satu riil program  MEBs yang  mulai akrab disebagian masyarakat mungkin adalah Ekspedisi Diniyyah, sebuah ekspedisi yang berorientasi kepada kepedulian terhadap kondisi dunia lembaga pendidikan keagamaan Islam yang memprihatinkan dan sejauh ini Ekspedisi Diniyah sendiri telah dilaksanakan secara berkelanjutan yang telah memasuki tahap ke - 12. Setidaknya  sebanyak 15 lembaga (berupa TPA, MDA, Pondok Pesantren dan Masjid/Mushlla) yang tersebar diseluruh  penjuru Kabupaten Mukomuko, telah merasakan langsung manfaat ekspedisi ini. Melalaui Ekspedisi Diniyah, beragam bantuan berupa Mushaf Al Qur'an Standar, Terjemah Al Qur'an, Tafsir, Iqra, Tuntunan Ibadah, Pustaka Islami, Sajadah gulung, sajadah personal, mukenah, peci, perangkat kebersihan bahkan cat dinding dan seragam sekolah telah didistribusikan dengan jumlah bervariasi yang diperoleh dari donatur, para muhsinin dan wakif serta konstribusi Tim MEBs sendiri.

Ada apa dengan Charity Expedition?

Seiring berjalannya waktu, selain Ekspedisi Diniyah, MEBs saat ini tengah menggulirkan program bertajuk Charity Expedition, sebuah ekspedisi amal yang berorientasi kepada sisi humanitas dan kepedulian terhadap sesama yang belum beruntung yang berada dibawah garis sejahtera. Tidak seperti yang dibayangkan, munculnya gagasan Charity Expedition sendiri bermula dari tersebarnya sebuah video pendek, yang dibuat oleh salah satu member MEBs, dengan sedikit narasi yang menggambarkan kondisi sebuah rumah kecil -yang lebih tepat disebut gubuk- yang terletak di pinggiran sebuah desa di Kabupaten Mukomuko, dengan kondisi yang memcerminkan kesulitan hidup yang sangat memprihatinkan. Sebanyak 10 jiwa yang menghuni "gubuk" tersebut hidup dalam tekanan dan deraan kemiskinan yang teramat sangat memilukan dengan 2 bayi, 1 balita, 2 anak usia sekolah dasar, 1 lansia dan 4 orang dewasa. Beredarnya video di group-group tertutup tersebut ternyata menimbulkan  respon empati dan simpati dari berbagai pihak yang dengan sukarela segera memberikan bantuan baik dalam bentuk tunai maupun barang dengan ragam dan jumlah yang bervariasi melalui MEBs untuk kemudian disalurkan kepada keluarga tersebut. 

Sebagaimana "pendahulunya", Ekspedisi Diniyah, sebagai sebuah ekspedisi amal, terlaksananya Charity Expedition pun, selain tergantung dengan konstribusi tim MEBs, juga sangat tergantung  dengan donasi, infaq, wakaf dan niat baik para muhsinin, donatur, wakif serta partisipasi masyarakat. Dalam hal ini MEBs memposisikan diri sebatas sebagai jembatan penghubung dengan mewadahi niat baik para dermawan, sekaligus tim distribusi untuk mengantarkan langsung seraya memastikan setiap amanat dalam bentuk tunai maupun barang dari para dermawan sampai dan diterima oleh pihak yang benar-benar layak dan berhak menerima. 

Oleh karena itu, dalam menentukan sasaran ekspedisi, terlebih dahulu MEBs  lazim melakukan survey langsung ke lapangan untuk memperoleh gambaran dan informasi riil terkait dengan kondisi sasaran ekspedisi. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan ekspedisi sesuai dan tepat sasaran.

Pada prinsipnya apa yang dilakukan oleh MEBs dengan serangkaian agenda "Ride For Care"nya setidaknya merupakan sebagian upaya untuk menumbuhkan gagasan, semangat, perilaku dan kegiatan positif di lingkungan komunitas dan club biker (motor) yang mungkin selama ini identik dengan kegiatan yang tidak simpatik, arogan, liar dan berkecenderungan negatif. 

MEBs sendiri saat ini secara intens terus berupaya membuka ruang, membangun komunikasi dan kerjasama dengan berbagai pihak baik lembaga maupun perseorangan untuk secara bersama-sama menyapa dan menumbuhkan kepedulian terhadap sesama. Dengan komposisi tim yang variatif dan dengan latar belakang yang beragam menjadikan MEBs  mudah beradaptasi dan mudah diterima untuk membaur dengan pihak lain. 

Dari fakta di atas, setidaknya dapat kita temukan wajah dan sisi baru dari sebuah forum, komunitas dan club motor, bahwa pada prinsipnya ia bisa bertransformasi menjadi media yang justru mungkin bertolak belakang dengan asumsi negatif yang selama ini berkembang di tengah masyarakat, dengan mengusung gagasan kreatif serta agenda konstruktif yang mengedepankan sisi humanistic ia bisa menjadi media, wadah dan jembatan untuk memberikan manfaat dan kemaslahatan bagi masyarakat dan sesama,  karena pada prinsipnya program positif dapat muncul dan berasal dari mana saja, termasuk diantaranya  dari forum biker, komunitas dan club motor, sebagaimana MEBs dengan Ekspedisi Diniyah dan Charity Expedition-nya. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NEWS " Warga Rejang Lebong Hanyut Di Penarik

"MITOS" Ratu Pantai Selatan Dan Danau Nibung Mukomuko

" NEWS - UPDATE " KORBAN DI TEMUKAN 50 METER DARI LOKASI KEJADIAN