Pages

MANFAAT KOPI HITAM UNTUK TUBUH

0 komentar

 "Manfaat Kopi untuk tubuh, photo by : Kopi Gading Cempaka Bengkulu"

MANFAAT portalblogku.com 

Haloo Sobat, buat kalian yang suka nongkrong dan ngumpul bareng temen-temen apa sjian wajib kalian..?

Jawaban simple pasti kopi, yah kopi memang teman setia kita di kala asik bersama temen-temen, dengan aromanya yang khas gak mungkin kita bakalan lepas dari dia, yakan,.. bahkan buat kalangan anak kos ada prinsip gini, mendig gak makan dari pada gak ngopi, hehehe ya begitulah cara kopi memikat hati kita, susah kali kayaknya kita buat bisa move on dari kopi. 

Tapi buat kalian penikmat kopi tau gak Tentang Manfaat dan Efek Buruk kalau kita banyak minum kopi. Kalau belum tau yo bareng kita cari tau.

 

MANFAAT KOPI HITAM UNTUK TUBUH

1. Meningkatkan kemampuan memori

Nah Loooo…. Ternyata Kopi sangat baik lo buat menambah kemampuan mengikatkan Memori pada otak kita, karena semakin bertambahnya usia Kempuan pada memori otak kita akan menurum dan meningkatkan risiko penyakit demensia, parkinson dan alzheimer. Meminum kopi hitam di pagi hari dapat meningkatkan fungsi otak. Kopi hitam membantu otak tetap aktif dan membantu meningkatkan daya ingat. Studi mengatakan konsumsi kopi secara teratur mengurangi risiko Alzheimer sebesar 65 persen dan Parkinson sebesar 60 persen. Kopi hitam membantu mencegah penyakit Parkinson dengan meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh.

2. Meningkatkan kinerja Kita

Pernah gak si saat kita kerja tersaha hambar dan lesu karna kita belum minum kopi, dan saat sudah minum seteguk kopi kita langsung keliatan kembali fresh, nah ini Salah satu keuntungan terbesar dan terbaik dari kopi hitam adalah meningkatkan kinerja fisik kita secara drastis. Inilah alasan mengapa saat akan berolahraga meminum secangkir kopi hitam. Kopi hitam bekerja dengan meningkatkan kadar Epinefrin (Adrenalin) dalam darah yang mempersiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik yang hebat. Kopi hitam juga memecah lemak tubuh yang tersimpan dan melepaskan sel lemak ke dalam aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas yang dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk aktivitas fisik yang berat.

3. Baik untuk hati

Hati yang di maksud bukan Patah hati ya sob, hehehe, tapi hati yang di maksud adalah Hati pada organ tubuh kita, Hati adalah salah satu organ vital tubuh karena melakukan begitu banyak fungsi penting. Mengonsumsi kopi hitam membantu mencegah kanker hati, hepatitis, penyakit hati berlemak dan sirosis alkohol. Orang yang minum 4 atau lebih cangkir kopi hitam setiap hari memiliki 80 persen kemungkinan lebih rendah untuk mengembangkan penyakit hati apapun. Kopi membantu menurunkan kadar enzim hati yang berbahaya dalam darah.

4. Membuat Anda jadi lebih cerdas dan lebih fokus

Kalian yang suka gak focus coba geh ngopi dulu hehehe, karna Kopi memiliki stimulan psikoaktif yang bila bereaksi dengan tubuh, memiliki kemampuan untuk memperbaiki energi, mood, fungsi kognitif dan dengan demikian membuat Anda cerdas selama periode waktu tertentu.

 

5. Membersihkan Kotoran Yang ada di perut

Coba yok kita cek bareng-bareng perut kita kotor apa engak si… hehehe tapi buat kalian yang ngopi pasti perutnya bersih deh, karena Kopi adalah minuman diuretik sehingga membuat orang yang meminumnya sering buang air kecil. Jadi, karena itulah saat minum kopi hitam tanpa gula, semua racun dan bakteri cepat-cepat keluar dengan mudah dalam bentuk urine.

6. Membantu menurunkan berat badan

Mau ketawa takut dosa, hehehe… buat kalian yang pusing Mau Diet gak udah pusing pusing  karena dengan mengkonsumsi kopi hitam udah membantu kalian untuk diet, Kopi hitam membantu meningkatkan metabolisme sekitar 50 persen. Kopi hitam juga dapat membakar lemak di perut.

7. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Meskipun minum kopi hitam secara teratur meningkatkan tekanan darah untuk sementara namun efek ini berkurang seiring berjalannya waktu. Minum 1 -2 cangkir kopi hitam setiap hari mengurangi risiko penyakit kardiovaskular termasuk stroke. Kopi hitam juga mengurangi tingkat peradangan di tubuh.

8. Mengurangi resiko diabetes

Minum kopi hitam setiap hari membantu mengurangi risiko diabetes yang di kemudian hari dapat menyebabkan kerusakan organ dan penyakit jantung. Kopi membantu mengendalikan diabetes dengan meningkatkan produksi insulin. Baik kopi berkafein maupun kopi tanpa kafein, keduanya baik untuk mencegah diabetes.

9. Mengurangi risiko kanker

Kanker telah menjadi salah satu pembunuh terbesar di dunia sekarang ini. Senyawa dalam kopi membantu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker hati, payudara, usus besar dan dubur. Kopi hitam mengurangi peradangan yang merupakan salah satu alasan utama dibalik perkembangan tumor.

Nah Itu sob, Manfaat yang terkandung pada Kopi Hitam, dengan catatan yak kalian tidak memiliki asam lambung yang terlalu tinggi argar bisa menikmati kopi hitam, di artikel selanjutnya kita akan bahas tentang efek dan dampak buruk Kopi pada kesehatan. 


Sumber : http://Republika.co.id

Read more...

PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA "Komunitas Holiday Mukomuko Lakukan Penanaman Pohon dan Oprasi Semut"

0 komentar

 "Komunitas Holiday Mukomuko"

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90 pada 28 Oktober 2018 lalu ini di isi dengan beragam aksi dan kegiatan positif dari sekelompok pemuda yang mengatas namakan Komunitas Holiday Mukomuko, Komunitas yang berdiri sejak 09 September 2018 ini mengisi peringatan hari sunpah pemuda dengan melakukan aksi penanaman pohon di lokasi wisata pantai air patah dan juga Pantai Abrasi Mukomuko.


Beranggotakan 40 orang Komunitas ini fokus berkegiatan dengan Alam dan Lingkungan sekitar yang ada di Kabupaten Mukomuko, saat di hubungi tim portalblogku.com Herman selaku koordinator kegiatan menyampaikan Bahwa kegiatan yang di laksanakan pada saat itu daoam rangka memperingati hari sumpah pemuda ke 90. 

 "Penanaman Pohon Cemara di Pantai Air Patah Mukomuko"

"Acara yang kita laksanakan kemari  dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke 90, tujuannya selain memperkenalkan eksistensi komunitas kami, kami juga ingin mengajak para pemuda di kabupaten mukomuko khususnya untuk ikut serta aktif dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar" ungkap herman.

 "Giat Oprasi Semuat di sepanjang Pantai Abrasi Mukomuko"

adapun beberapa guat acara yang di lakukan pada minggu 28 okt 2018 lalu adalah Penanaman pohon cemara d sepanjang bibir pantai air patah, perbaikan jembatan lokasi wisata pantai air patah, Giat oprasi semut ( membersihkan sampah plastik ) di pantai air patah dan abrasi, serta penanaman pohon kelapa di sepanjang bibir pantai abrasi. lanjut herman.

 "Perbaikan Akses jembatan penyebrangan di pantai air patah"

di ketahui Holiday Mukomuko adalah salah satu Kelompok Pecunta Alam yang berada di kabupaten Mukomuko, selain mengajak para pemuda sadar lingkungan, harapan kedepan hollyday mukomuko dapat konsisten dalam melakukan kegiatan-kegiatan semacam ini (*red) dan dapat terus mempromosika  potensi wisata di kabuoaten mukomuko.

 "Penanaman Pohon Kelapa di sepanjang Bibir Pantai Abrasi Mukomuko"

pada giat tersebut nampak hadir pula Komunitas Bengkulu Trip dan Admin @wisata_mukomuko selaku Relawan wisata di kabuoaten mukomuko untuk mendukung kegiatan bakti sosial oleh Hollyday Mukomuko. (As)

Read more...

POTENSI WISATA ARUNG JERAM DI MUKOMUKO

0 komentar
 "Kegiatan Latihan Arung Jeram di Sungai Lohbunta"
Portalblogku.com di masa ini banyak sekali spot-spot wisata yang dapat kita kunjungi baik dari perkotaan hingga daerah, namun potensi wisata alam akan lebih banyak di temukan di daerah, seperti Air Terjun, Gunung, Bukit, Pantai, Endemik langka bahkan wisata sungai dengan menggunakan prahu atau sering kuta kenal dengan Arung Jeram.
Di Daerah Kabupaten Mukomuko sendiri sebenarnya banyak sekali potensi wisata alam yang bisa kita gali, seperti air terjun, endemik bunga langka bahkan wisata arung jeram, dengan banyaknya aliran sungai di Mukomuko membuat potensi besar untuk wisata arung jeram ini.
Hal ini di lahkukan oleh Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Bengkulu yang melakukan survei potensi Arung Jeram di daerah Mukomuko.
 "Pengarahan keamanan dan Keselamatan Arung Jeram Oleh Instruktur FAJI"
Di Mulai pada hari Sabtu 27 okt 2018 FAJI bersama beberapa komunitas seperti PALM, Bengkuku Trip, dan OAT  melahkukan survei di Sungai Lohbunta Kecamatan Penarik, Star dari lokasi Galian C Suntoko di desa Suka Maju FAJI dan Team menyusuri sungai sampai Finish di Lokasi Galian C milik Maskur di Desa Penarik (Swakarsa).
Pada Hari Ke-2, Minggu 28 Okt 2018 Survei kembali di lanjutkan dengan menyusuri sungai lebih ke Hulu, dan perjalanan arung jeram di mulai dari Desa Sendang Mulya Kec.Penarik dan Finisah Di Jembatan Desa Penarik. 
 "Tampak Ibu Dandim Mukomuko dan Ibu Danpos AL beserta Instruktur dan Team Arung Jeram"
Pengurus FAJI Bengkulu Tri Parayudi yang biasa disapa Kojek, titik survei mulai dari anak sungai Gambir Desa Sindang Mulyo sampai jembatan jalan raya Desa Penarik.
"Jalur yang kita survei panjangnya sekitar  10 km. Sedang waktu pengarungan sekitar 2,5 jam," ungkap Kojek.
Katanya, sungai Air Dikit ini sasaran pertama, masih ada lagi sungai-sungai yang diprediksi berfotensi memiliki potensi wisata.
"Untuk sungai Lohbunta ini sangat layak dikembangkan wisata Arung Jeran. Jeram-jeramnya masih katagori aman untuk wisata," ujarnya.
Dengan adanya potensi wisata dan Olahraga Arung Jeram ini, Kojek menyarankan untuk dibentuk kepengurusan FAJI Kabupaten Mukomuko. Ia juga berharap terbentuk pula club-club Olahraga Arung Jeram di daerah ini.
 "Persiapan Star Arung Jeram Di Desa Simdang Mulya Kec.Penarik"
"Survei ini sengaja kita libatkan masyarakat sekitar sungai, harapannya muncul club Arung Jeram. Saya juga sampaikan kepada komunitas Pencinta Alam yang juga ikut survei untuk membentuk FAJI. Jadi di Mukomuko ada organisasi untuk pengembangan wisata maupun olahraga Arung Jeram di daerah ini," bebernya.
Selepas Survei, langsung dilakukan Fun Rafting. Kegiatan ini langsung direspon baik. Ikut dalam pengarung Kepala Bandara Mukomuko, Irpansyah P Rahman, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Kodim 0428/MM, Fitri Dewi Anggraini, Danpos AL Mukomuko, Peltu Bha Sapto Agus beserta Istri serata masyarakat setempat.
"Kita terimakasih kepada pihak-pihak yang sudah terlibat pada kegiatan survei ini diantaranya Dinas Pariwisata, Ka. Bandara, Ketua Persit Kodim 0428/MM Ibu Reni, Danpos AL dan Komunitas Pecinta Alam yang sudah ikut membantu," pungkas Kojek. (As)
Read more...

WINGS AIR, Mukomuko - Bengkulu "Rasakan Sensasi Baru Untuk Perjalanan Mu"

0 komentar
 "Armada Wngs Air, ATR 72-600 yang melayani Rute Mukomuko-Bengkulu PP"
portalblogku.com Halooo Sobat, kali ini kita gak bahas soal komunitas, gak bahas soal sejarah, gak juga bahas soal legenda atau mitos, hehehe terus kita bahas apaan nih...?
Yah untuk hari ini kita akan bahas mengenai Pesawat Penumpang Baru yang melayani Rute Penerbangan dari Bandara Mukomuko ke Bandara Fatmawati Sukarno Bengkulu.
kenapa kita bahas, bukan kah memang daru dulu sudah ada. ? 
Yapp, memang Sejak beberapa tahun terakhir Bandara di Kabupaten Mukomuko provinsi Bengkulu sudah Aktif beroprasi, namun kalian perlu benar-benar atur jadwal yg matang, karena tidak setiap hari pesawat akan melayani rute penerbangan ini.
Lantas Apa Perbedaannya sekarang ?
di artikel sebelumnya, kita udah bahas mengenai rute penerbangan Baru yang di gagas oleh Lion Grup, yap.... Armada Wings Air adalah armada baru di dunia penerbangan Mukomuko untuk dapat melayani masyarakat untuk memberikan akses lebih mudah bepergian baik dari maupun menuju kota mukomuko, Perbedaan dari Maskapai sebelumnya yaitu Wings Air kini membuka Rute Penerbangan Mukomuko-Bengkulu, Bengkulu-Mukomuko setiap hari. keren kan..? dan kapasitas penumpang pun lebih banyak, Menggunakan Pesawat tipe ATR 72-600 buatan Perancis, pesawat ini dapat menampung hingga 78 Penumpang, Waw Keren kan....? selain kita bisa atur jadwal setiap hari, kita tak perlu mengantri keberangkatan seperti sebelumnya.
 " Peresmian Penerbangan Perdana Di Bandara Mukomuko"
Pada Hari Kamis, 25 Oktober 2018 , Wings Air sudah resmi melahkukan Penerbangan Perdananya dari Bandara Mukomuko menuju Bandara Fatmawati Bengkulu.
Lantas Apa Kelebihan dari Armada yang di miliki Wings Air ini...? Baik Mari kita sedikit Rivew tentang Pesawat ini.
 "Miniatur Pesawat Wings Air Tipe ATR 72-600"
1. Pesawat yang di gunakan
ATR 72 adalah pesawat penumpang regional jarak pendek bermesin twin-turboprop yang dibangun perusahaan pesawat Perancis-ItaliaATR. Pesawat ini memiliki kapasitas hingga 78 penumpang dalam konfigurasi kelas tunggal dan dioperasikan oleh dua kru penerbang.
Tipe Pesawat penumpang regional ini terbang perdana pada 27 Oktober 1988 dan Diperkenalkan 27 Oktober 1989 dengan Finnair Status Dalam produksi, dalam pelayanan Pengguna utama dari pesawat tipe ini adalah Wings Air, Tahun produksi dari pesawat tipe ATR 72 ini adalah 1988 dengan jumlah produksi sampai Desember 2013 mencapai 678 armada.
Pesawat ATR tidak memiliki Auxiliary Power Unit (APU) seperti umumnya pesawat lain, APU hanya merupakan opsi tambahan dan akan diletakkan di bagian kargo C4. Sebagian besar pesawat dilengkapi dengan rem baling-baling (biasanya disebut sebagai "Hotel Mode") yang menghentikan baling-baling pada mesin #2 (kanan), memungkinkan mesin untuk menyala dan menyediakan udara dan tenaga untuk pesawat tanpa memutar baling-baling. Rem baling-baling tersebut merupakan penggunaan yang tidak penting, dan banyak maskapai melepas rem tersebut, dan akhirnya perusahaan menghilangkannya dari pesawat sepenuhnya. apaaa..... Remnya Di hilangkan... !!!!!!
Eittsss jangan berburuk sangka dulu, Hal ini di maksudkan untuk menghilangkan kebutuhan berat tambahan jadi tetap aman, karena bisa di bilang rem baling-baling tidak terlalu penting di sini. jadi inget ya tetap aman. hehehe.,...
2. ATR 72-600
di atas kita Sudah melihat sedikit sejarah dan juga rivew tentang pesawat Tipe ATR 72, namun di sini Wings Air menggunakan pesawat dengan Tipe ATR 72-600, apa saja Kelebihannya....? Member of Lion Air Group Wings Air (kode penerbangan IW), ATR 72-600 dikenal sebagai pesawat baling-baling (propeller) modern dan canggih di kelasnya, antara lain menggunakan teknologi avionik terbaru serta fitur "synthetics runway visions" yaitu sistem yang mampu memberikan bantuan visualisasi runway saat mendarat. Selain itu memberikan keuntungan karena ramah lingkungan (emisi rendah), bahan bakar lebih hemat dengan efisiensi biaya perawatan.
 "Tampak Bagian Belakang dan Pintu Masuk Pesawat Wings Air tipe ATR 72-600"
Dengan armada ini, Wings Air akan menyesuaikan permintaan pasar dan pelanggan dengan didasarkan jarak rute penerbangan, tingkat isian penumpang, memperkuat layanan rute yang sudah ada, rencana pengembangan atau pembukaan rute baru, frekuensi terbang per hari serta operasional bandar udara, khususnya setingkat kabupaten.
Pesawat ini didesain mampu lepas landas dan mendarat di panjang runway kurang dari 1.600 meter. ATR 72-500/ 600 milik Wings Air berfungsi untuk operasional waktu tempuh hanya berkisar 60 menit atau melayani penerbangan point to point pada rute jarak dekat dengan tarif tiket terjangkau, sehingga memberikan alternatif terbaru dalam melakukan perjalanan antardestinasi yang lebih cepat bagi travelers.
3. Pengalaman Baru Bagi Penumpang
 "Interior Pesawat Wings Air ATR 72-600"
Dengan Menggunakan Pesawat ini, Kita akan di berikan sebuah pengalaman baru dan sensai lebih. Kok bisa gitu....??? ayok kita bahas lagi,
pengalaman pertama yang akan kita dapatkan yaitu menaiki pesawat dari ekornya. hehe, jika biasanya kita menaiki pesawat menggunakan pintu depan pada pesawat tipe ini *red kita akan naik melalui pintu belakang, sedangkan pada pintu depan akan di fungsikan untuk Kargo.
selanjutnya sebagai pesawat yang tergolong dalam pesawat kelas ekonomi, kita akan merasakan hal yang berbeda, ATR 72-600 dibekali interior yang dirancang lebih futuristik, sehingga menawarkan layanan terbaik bagi setiap travelers, diantaranya dapat bersantai ketika di kabin, bisa bekerja atau hanya menikmati perjalanan dengan melihat pemandangan karena pesawat mampu terbang dengan rendah. Kerenkan.....??
nah itu sob sedikit Rivew mengenai armada yang di miliki Wings Air dengan pesawat Tipe ATR 72-500/600, pada dasarnya Wings Air sangat bangga mengoperasikan armada tersebut sebagai bagian dari kesungguhan untuk menyediakan pelayanan terbaik, menambahkan tingkat kenyamanan pelanggan.
Wings Air sendiri mengharapkan, pesawat ATR akan semakin menjadikan pengalaman perjalanan wisatawan dan  pebisnis lebih berkesan, karena bisa bepergian menggunakan ATR 72-500 atau ATR 72-600,
Wings Air optimis, pengoperasian pesawat jenis ATR diharapkan akan lebih menarik minat wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) untuk plesiran ke berbagai tujuan wisata serta pusat pertumbuhan bisnis baru. Dengan demikian Wings Air semakin mudah menghantarkan momen traveling era kekinian.
 "Bupati Mukomuko, Direksi Wings Air, Kepala Bandara Mukomuko, Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu, saat foto bersama"
Wings Air dengan ATR 72 berperan sebagai feeder (penghubung) penumpang dan distribusi barang. Para wisatawan ditawarkan kemudahan layanan jaringan penerbangan yang saling terhubung (connecting flight) dengan Lion Air (kode penerbangan JT), Batik Air (kode penerbangan ID), Malindo Air (kode penerbangan OD) dan Thai Lion Air (kode penerbangan SL) member of Lion Air Group.
Upaya Wings Air tersebut dalam mendukung program pemerintah untuk mendatangkan turis dan membantu percepatan ekonomi daerah sejalan dengan pembukaan bandar udara baru di daerah, sebagai salah satu  gerbang wisata.
Hingga kini, Wings Air telah terbang ke 117 destinasi dalam dan luar negeri. Untuk jaringan regional, sudah melayani ke Kuching, Malaka di Malaysia. Wings Air memiliki frekuensi yang mencapai lebih dari 350 penerbangan perhari dengan didukung 61 pesawat ATR 72-500/ 600.
Untuk Pemesanan Tiket Pesawat sendiri dapat di lahkukan baik secara online di Traveloka maupun offline di Agen-Agen Travel lainnya. Buruan Sobbbb kita Rasakan Sensasi berbeda dengan Travelling menggunakan Pesawat Wings Air ATR 72-600. (As)
Read more...

LEGENDA SANG PATI MATI TASULO MUKOMUKO

0 komentar


"Nampak Kota Mukomuko dari ketinggian,  Foto : Mukomuko_Regency_Bengkulu"

portalblogku.com
LEGEND, Indonesia Merdeka Tahun 1945, banyak kisah sejarah dan legenda yang berkembang di masyarakat kita, mulai dari Zaman Kerajaan Hindu Buda, Sampai Zaman Kolonialisme yang ada di Bumi Nusantara ini, banyak buku sejarah yang telah menuliskan kisah-kisah perjuangan bangsa Indonesia, dari mulai Jepang, Inggris, Sampai Belanda, di masing-masing zaman pasti akan ada legenda baru muncul, mulai dari Legenda Si Pitung, Joko Tingkir, sampai legenda Bungkarno dengan nyi Roro Kidul, dan hal ini terjadi pula di suatu daerah di ujung Provinsi Bengkulu  bernama Mukomuko.

Berbicara tentang Mukomuko maka kita tidak bisa lepas dari sejarah Bangsa Indonesia, karena di Mukomuko kita dapat menemui peninggalan sejarah dari masa penjajahan inggris berupa sebuah  bangunan Benteng, yang mana lebih sering di kenal dengan nama Benteng Anna Mukomuko, Namun di sini kita tidak akan membahas tentang Mitos Benteng Anna, melainkan kita akan membahas tentang salah satu pahlawan asli dari daerah Mukomuko yang bernama Sang Pati.
"Benteng Anna Mukomuko, tempat Sang Pati di Sulo, Foto : portalblogku.com"

Legenda mengenai Sang Pati mungkin bagi sebagian kecil masyarakat mukomuko sudah mengetahui, tapi tak sedikit pula dari masyarakat mukomuko tidak mengetahui siapa pahlawan asli daerah mukomuko yang melegenda tersebut. Kenapa cerita sang pati perlu kita angkat, yah… hal ini untuk lebih meng edukasi masyarakat mukomuko dan memberitahu kepada dunia luar, bahwa Mukomuko sebenarnya memiliki Legenda yang tidak kalah menarik untuk di bahas dan kita kupas.

Ada banyak  fesri cerita pada legenda Sang Pati, namun di sini saya akan mengambil cerita dari Sdri. Nanda Kartika, ( Putri Pariwisata Prov Bengkulu Tahun 2017 )menurut Nanda sapaan akrabnya,  Sang Pati ini adalah seorang yang memiliki kesaktian tinggi, dan tubuhnya kebal terhadap segala bentuk jenis senjata, sehingga sang pati sangat di segani di kalangan masyarakat mukomuko, Pada masa itu adalah masa penjajahan inggris di Mukomuko, dan Sang Pati pun merupakan salah satu orang yang paling di cari di Daerah tersebut oleh kolonial inggris, sampai pada suatu hari sang pati menjadi tawanan inggris.

Pasa suatu hari, inggris meminta kepada sang pati untuk dapat mencarikan sebuah kayu untuk di jadikan tiang bendara di Benteng Anna, dan kayu yang di minta oleh inggrispun bukan hanya sekedar bamboo atau kayu sebarangan, namun kayu yang di maksud adalah kayu kacang ( bagian dalam kayu yang bewarna coklat ) dan lokasi pengambilan kayupun di tentukan, berada di sekitaran daerah pondok batu sampai teras terunjam, namun permintaan dari inggir tidak di iyakan oleh sang pati, karena sang pati percaya jika dirinya mengambil kayu tersebut maka inggris akan terus berkuasa di kabupaten mukomuko dan Bengkulu,

Hal tersebut yang membuat inggris menjadi geram, sehingga muncul niat jahat dari inggris untuk membunuh sang pati, namun  berkat kekebalan tubuhnya, inggris merasa kewalahan untuk membunuh sang pati, sampai pada akhirnya inggris terus menindas masyarakat mukomuko dengan keci, dengan harapan sang pati mau untuk memberitahu kelemahannya, sampai pada suatu saat sang pati sudah merasa sangat iba melihat banyaknya masyarakat mukomuko menjadi korban dari kekejaman inggris,   sehingga sang pati memberitahu kelemahannya kepada inggris, Ada dua kelemahan sang pati, yaitu pertama sang pati harus melepas kalungnya, dan kedua sangpati hanya akan meninggal jika di sulo ( di tusuk dari dubur sampai rongga mulut ) dan kayu yang untuk menyulo adalah kayu nipah sejenis tanaman  Palm yang biasa hidup di tepi pantai.
Dan tidak lama dari hal tersebut, rombongan inggrispun mulai mengatus siasat untuk melepaskan kalung  dan juga menyulo  sang pati, sampai suatu hari kalung sang pati dapat terlepas dan di hadapan masyarakat mukomuko kekecaman inggris kembali di pertontonkan dengan menyulo Sang pati di tanah lapang di Benteng anna. Dan sampai sekarang Nama sang pati masih terus di kenal oleh masyarakat asli mukomuko dengan sebutan Sang Pati Mati Tasulo ( Sang Pati Meninggal Ter Tusuk).  (As)

Read more...

MANFAAT AIR BAMBU TEU "BAMBU EUL-EUL" UNTUK KESEHATAN

3 komentar
 "Air Bambu Teu / Bambu eul-eul yang banyak akan manfaat"
Portalblogku.com  , selasa 23 Oktober 2018, Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Kalau orang Jawa menyebutnya pring. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60 cm (24 Inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam.
Bambu sendiri diklasifikasikan ke lebih dari 10 genus dan 1450 spesies. Di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bengkulu dapat dengan mudah ditemui 5 jenis bambu di antaranya bambu tali, wulung, ampel, petung, kuning, dan bambu tulup. namun ada satu jenis bambu yang mungkin sudah sangat jarang di temui namun masih ada di bengkulu, yakni bambu teu atau masyarakat bandung menyebutnya bambu eul-eul ,  bambu ini menjadi sangat jarang di temui karna masih di anggap gulma bagi masyarakat, padahal sejatinya bambu ini mengandung banyak keunikan dan banyak Khasiat.
Bambu yang bernama latin nastus elegantissimus hask holt ini memang termasuk langka. Dari 156 jenis bambu yang ada di Indonesia hanya bambu teu yang berisi air di antara ruas-ruasnya. Itupun tidak semuanya karena dari 100 pohon jenis ini hanya tiga atau empat yang ada airnya.
Di Bengkulu sendiri Suku rejang sangat mempercayai bahwa air yang berada bambu ini mampu meredakan panas dalam, sedangkan di Jawa Barat air bambu ini di percaya dapat mengobati 42 macam Penyakit di antaranya seperti darah tinggi, lumpuh, kolesterol, ginjal, dan asam urat dalam waktu singkat.


 "Ketua Kompas Sdr.Abil (Baju Batik) dan Tim Portalblogku.com (kaos putih)"
Meski sudah dikenal di Cina sejak ribuan tahun lalu tapi di Indonesia belum banyak yang tahu tentang khasiat bambu teu, rasa air dari bambu teu sendiri sangat unik, bewarna seperti air kelapa, dan berasa sedikit sepat dengan sedikit rasa khas bambu, air bambu ini sangat aman di minum.

di provinsi Bengkulu sendiri ada satu komunitas Pengrajin Bambu yang tergabung dalam Komunitas Pemuda Sukses ( Kompas ) yang beralamat di Desa Taba Padang, kecamatan Seberang Musi, kabupaten Kepahing, saat ini sedang berusaha untuk terus membudidayakan bambu jenis ini, mengingat manfaat yang di berikan sangat banyak, di sampaikan oleh ketua Kompas sdr. Abil saat di temui tim portalblogku.com di sela-sela kegiatannya di pada grend opening Pasar Singgah Bungkarno di samping rumah pengasingan bung karno, anggut atas kota Bengkulu.
 "Bibit Rumpun Bambu yg di budidayakan oleh KOMPAS Kepahing-Bwngkulu"
" iya mas, kami sekarang selain fokus dengan kerajinan yang sudah di buat, kami juga masih berupaya untuk membudidayakan jenis bambu teu supaya bisa bertahan dari kepunahan di provinsi kita ini, karena manfaatnya yang begitu banyak dan belum banyak orang yang mengetahui atau bahkan mereka terkesan masa bodong dengan jenis bambu ini", ujarnya.
 "Salah satu hasil kerajinan Seni Lukis Bambu oleh KOMPAS dan satu ruas Bambu Teu yang berisi Air di dalam rosnya"
adapun kerajinan-kerajinan yang di buat oleh komunitas ini antara lain lukisan bambu, anyaman bambu, Korsi dan meja, dan Saung dari Bambu, serta produk yang terus di promosikan oleh Kompas yaitu Air Bambu teu dan Stik Rebung, di kesempatan yang sama *red, tim portalblogku.com juga berkesempatan mencicipi air bambu teu dan juga stik rebung di stand Kompas tersebut.
 "Stik Rebung, hasil produksi KOMPAS sebagai olahan produktif dan inovasi masyarakat"
adapun harga produk yg di jual dari lukisan di bambu sampai saung bambu dengan harga termurah 50.000 untuk Lukisan dari bambu dan 2.500.000 untuk harga saung, sedangkan untuk air bambu teu di jual per kilo dengan harga 25.000 per Kilogram dan untuk Stik Rebung di bandrol dengan harga 10.000 per pcs dengan berat 250 gram. (As)
 "alamat dan Contack Pesroon KOMPAS Kepahing"
Read more...

Marga Mukti Cup 2018 , Marga Mulya Sakti Sebagai Juara Bertahan

0 komentar

 "Suasana Final Tournamet Marga Mukti Cup 2018"

Portalblogku.com MargaMukti,21 Oktober 2018, Karang Taruna desa marga mukti adakan Tournament Bola Voly putri bertajuk Marga Mukti Cup 2018 yang di selenggarakan pada 15-21 oktober 2018 di lapangan voly kantor Desa Marga Mukti.

turnament voly yang di ikuti oleh 16 Tim dari beberapa desa di kecamatan penarik ini menampilkan pemain-pemain kebanggaan dari desa masing-masing peserta, di sampaikan oleh ketua karang taruna desa marga mukti Sdr.Puriyanto bahwa event ini di selenggarakan untuk memperingati hari sumpah pemuda pada 2018 ini selain itu juga kegiatan ini di tunjukan untuk menjalin silaturahmi antar desa di kecamatan penarik.

" dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda kita adakan turnamen voly ball putri antar desa se kecamatan penarik, harapan nya dengan turnamen ini desa desa di kecamatan penarik dapat semakin erat dalam menjalin silaturahmi "

 "Tim Voly Ball Putri pada babak Penyisihan"

dan pada kesempatan yang sama di sela-sela turnamen kepala desa marga mukti Bpk.Marwanto juga menyampaikan apresiasi kepada karang taruna karena sudah turut andil dalam memajukan desa dengan kegiatan-kegiatan seperti ini.

" Saya sangat apresiasi kegiatan positif dari karang taruna desa ini, dan saya ucapkan terimakasih kepada karang taruna desa marga mukti karena telah ikut andil dalam memajukan dan memeriahkan desa kita ini, harapan saya kedepan event-event seperti ini akan terus bisa di selenggarakan setiap tahunnya oleh karang taruna ".

Nampak hadir pula pada kegiatan ini Kepala desa dari Sidodadi, kepala desa Marga Mulya Sakti, Kepala desa dari Suka Maju, sebagai suporter tim kebanggaannya pada laga penyisihan sampai Final.

Keluar sebagai Juara adalah Tim dari Desa Marga Mulya sakti, di susul peringkat Dua Tim dari Desa Sukamaju, dan Juara Ketiga Tim Dari Desa Marga Mukti, sementara di posisi ke Empat ada dari Tim SMK N 06 Mukomuko. (As)

Read more...

Plt Gubernur Bengkulu, Resmikan Pasar Singgah Bung Karno

0 komentar


 "Plt Gubernur Bengkulu, Saat Melepas Pita dan Meresmikan Pasar Singgah Bung Karno, di dampingi Kadis Pariwisata Prov.Bengkulu, dan Artis Feby Blink"

Portalblogku.com Bengkulu,20/10/2018 Wonderful Bengkulu 2020 merupakan salah satu program Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk dapat meningkatkan dan mengenalkan Pariwisata Bengkulu depada Dunia Luar, berbagai macam dan upaya dalam mempromosikan Potensi wisata yang ada di bengkulu terus di lahkukan, termasuk Program promosi wisata “go digital” yang tengah digencarkan Kemenpar RI sebagai salah satu strategi pemasaran pariwisata Indonesia,.

di Provinsi Bengkulu sendiri program pariwisata "Go Digital" dapat di lihat dari diaplikasikananya Destinasi Digital Pasar Singgah Bung Karno oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Bengkulu.

Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Pasar Singgah Bung Karno, yang menampilkan berbagai bentuk kekhasan Bumi Rafflesia, mulai dalam bentuk makanan dan minuman, kesenian daerah, potensi daerah hingga kreatifitas pemudanya. Apalagi destinasi digital ini, menurut pihak penyelenggara akan dilaksanakan secara rutin, setiap akhir pekan (Sabtu & Minggu).

Rohidin Mersyah meminta destinasi wisata ini bisa menjadi salah satu pendorong promosi pariwisata Bengkulu. Terlebih pada beberapa kesempatan, seperti pada saat Festival Tabut 2018 dan pada grand launcing kali ini selalu masuk tranding topik, berkat kerja keras pemuda-pemudi Bengkulu yang tergabung dalam GenPI Bengkulu.

  "Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, saat mencoba berkunjung ke Bood Pedagang Pasar Singgah Bung Karno"

“Kita meminta kepada kepada Genpi betul- betul tingkatkan produktifitasnya untuk mendorong promosi pariwisata Bengkulu. Beberapa kali tranding topik di sosial media pariwisata Bengkulu juga tidak terlepas dari peran GenPi Bengkulu,” ungkap Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, usai melaunching Pasar Singgah Bung Karno, di Kawasan UPTD Pengembangan dan Pengendalian Usaha Parawisata Dispar Provinsi Bengkulu, Sabtu (20/10).

Lanjut Plt Gubernur Rohidin Mersyah, kemasan yang ditampilkan pada destinasi baru ini harus memiliki nilai seni dan kekhasan daerah, “jadi jangan sampai destinasi ini justru tidak menampilkan kekhasan khas Bengkulu,” sebutnya.

Menghidupkan Pasar Singgah Bung Karno ini jelas perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak, seperti dari seluruh dinas dan istansi Se-Provinsi Bengkulu. Sehingga dari aspek sosial kemasyarakatan ketertarikan masyarakat akan semakin kuat, karena kegiatan ini juga disupport aktif oleh jajaran pemerintah daerah.

“jadi kita harus berkunjung secara berkala, dipromosikan dinas, diatur jadwal dan paling tidak seluruh dinas OPD itu harus berkunjung kesini. Kalau tidak diarahkan seperti itu nanti banyak yang tidak “ngeh”. Nah kalau sudah didorong keikutsertaan mulai dari komunitas lingkungan pemerintahan, nanti masyarakat juga akan hadir dengan sendirinya,” papar Rohidin Mersyah sebagai salah satu tokoh yang peka terhadap pengembangan wisata daerah.

Juga tampak hadir pada launching destinasi wisata ini perwakilan Kemenpar RI, Anggota DPD RI Ahmad Kanedi, Artis Nasional Febby Rastanty (Blink)  dan Kadispar Provinsi Bengkulu Yudi Satria.

Dikatakan Kadispar Provinsi Bengkulu Yudi Satria, bersama komunitas yang dibentuk Kemenpar RI dan merupakan pengejawantahan dari program promosi wisata “go digital” ini, pihaknya  optimis pariwisata Bengkulu akan makin dikenal dan dicari wisatawan nusantara bahkan dunia.

 "Plt Gubernur, Kadis Pariwisata, dan Perwakilan Dari Kementrian Pariwisata saat menikmati Kopi Asli Bengkulu di salah satu stand Pasar Singgah Bung Karno"

“Terkait upaya mendongkrak promosi wisata ini, Pemprov Bengkulu bersama pemda kabupaten-kota dan pihak terkait juga tengah gencar membangun sarana prasarana pendukung pariwisata, seperti pembangunan jalan dan fasilitas wisata lainnya,” jelasnya.

Read more...

PAKAR NILAI Peran Cipayung Plus Sangat Strategis

0 komentar

 "Rembug Nasional Cipayung Plus"

JAKARTA-Rembug Nasional yang digelar Kelompok Cipayung Plus, Jum'at (19/10) kemarin, mengahadirkan sejumlah pakar. Banyak hal yang disampaikan oleh para para pakar di kegiatan tersebut.

Pakar dari Indo Barometer, M. Qodhari, mengatakan bahwa peran Cipayung Plus sangat strategis. Cipayung Plus merupakan pelopor untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Dia mengaku senang melihat Cipayung Plus aktif menanggapi issu-issu kekinian. Dengan aktifnya Cipayung Plus, lanjutnya, maka harapan untuk mewujudkan Indonesia yang mandiri dan sejahtera semakin besar.

"Kelompok cipayung ini punya peran kesejarahan yg penting di Republik ini, sehingga saya senang jika kelompok cipayung ini bersatu mendiskusikan persoalan-persoalam kebangsaan," pujinya.

Selain itu, dia juga menyarankan agar Cipayung Plus dapat menjadi inisiator dalam menciptakan iklim politik yang sehat dan bersih.

 Misalkan, Cipayung Plus mendorong adanya debat politik yang berisikan narasi, visi dan misi antar kandidat calon Presiden dan Wakil Presiden. "Karena selama ini kita hanya disuguhkan sentimen negatif, perdebatan yg tidak substansial," kesalnya.

Selain itu, Direktur IPI, Karyono Wibowo, menyampaikan bahwa untuk mewujudkan pemerataan pembangunan terlebih dulu harus membangun infrastruktur yang memadai. Karena itu, dia mengapresiasi kinerja pemerintah selama empat tahun terakhir yang fokus pada infrastruktur.

Lebih detail, ia menjelaskan bahwa infrastruktur untuk menopang laju pertumbuhan ekonomi. Saat ini, lanjutnya, pembangunan infrastruktur jalan, bandara dan lain-lain sudah banyak dilakukan. Sehingga mempermudah perhubungan dan distribusi.

 "Suasana Rembug Nasional Cipayung Plus"

Sementata itu, pakar ekobomi, Yustinus juga menyampaikan bahwa publik harus obyektif dalam melihat dinamika pembangunan saat ini. Termasuk Cipayung Plus, harus melihat dan menyikapi dengan obyektif.

Arah pembangunan nasional saat ini sudah cukup baik. Hal tersebut harus diapresiasi dan terus didkung secara bersama.

Arah pembangunan nasional yang dimaksud yakni pembangunan infrastruktur. Peralihan saham PT Freeport, pembubaran petral, dan pembagiaan sertifikat tanah. Hal ini sungguh sangat bagus dan pro rakyat.

Read more...

YESSS...!!! MUKOMUKO Ke BENGKULU "WINGS AIR Siap Layani Setiap Hari PP"

0 komentar

 "armada Wings Air tipe ATR 72-500 dan ATR 72-600" foto by : indoaviation

Portalblogku.com  18/10/2018, Travelling Piknik ke berbagai daerah tentunya menjadi salah satu impian semua orang bukan? namun terkadang kita harus memendam impian tersebut karna berbagai faktor, mulai dari budget yg menipis sampai jarak tempuh lokasi yg kita inginkan terlalu jauh, mungkin tujuan ke kota-kota besar di Indonesia sangat mudah dijangkau dengan menggunakan jasa angkutan Udara, namun bagaimana jika kita ingin melancong ke daerah-daerah di nusantara.?

kita tahu bahwa wisatawan saat ini lebih suka piknik ke daerah dengan berbagai faktor, mulai dari alamnya masih asri sampai spot-spot foto yang kece abiss di daerah, banyak pemandangan yg di tawarkan saat kita berkunjung ke daerah-daerah kecil di indonesia, seperti Salah satu daerah yg berada di provinsi Bengkulu, bernama Kabupaten Mukomuko.

Sebagian dari kita mungkin tidak banyak tau atau bahkan asing dengan nama Mukomuko, yahhhh Mukomuko sendiri adalah nama sebuah Kabupaten yang berada di ujung provinsi Bengkulu yg berbatasan langsung dengan provinsi Sumatra Barat, akses dan jarak tempuh Kabupaten ini cukup jauh dari pusat kota provinsi Bengkulu dengan jarak tempuh mencapai 6,5 Jam melalui perjalanan darat.

padahal segudang potensi wisata yang berada di Mukomuko tidak kalah hebat dengan beberapa wisata terkenal di Bengkulu, Mulai dari Wisata Air Terjun tertinggi di Bengkulu, wisata Pantai, Danu, Bendungan, bahkan habitat bunga Bangkai jenis Amorphopalus ada di sini.

Pada dasarnya Mukomuko sendiri sudah memiliki Bandar Udara (Bandara) , namun jadwal Penerbangan yang tidak setiap hari ada terkadang membuat para pelancong menjadi enggan untuk menjadwalkan keberangkatannya ke Mukomuko,.

 "Pesawat Wings Air Mendarat di Bandara Mukomuko Saat Uji Coba" foto by : klikwarta.com

Tapi itu cerita di masa lalu, karena mulai 25 Oktober 2018, Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group akan memberikan kemudahan untuk kita supaya dapat berkunjung ke Mukomuko dengan waktu yang lebih singkat dan tentunya kita tak perlu khawatir soal jadwal penerbangan,

karena Wings Air akan melayani rute penerbangan Intra Wilayah kota Bengkulu Mukomuko dengan jadwal setiap hari Pergi Pulang (PP), dan hal ini pula yang menjadikan Wings Air satu satunya maskapai yang melayani rute reguler di bandara Mukomuko.

menggunakan pesawat asal Prancis tipe ATR 72-500 dan ATR 72-600, Dengan Kapasitas 72 Penumpang, dan di lengkapi interior terbaiknya, Layanan perdana Wings Air akan dimulai dari Bandar Udara Fatmawati Soekarno, Bengkulu (BKS) pukul 07.40

WIB, menggunakan nomor IW-1134 dan pesawat dijadwalkan tiba di Bandar Udara Mukomuko, yang terletak di 

Desa Bandar Ratu, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu (MPC) pada 08.20 WIB. Untuk rute sebaliknya, Wings Air 

bernomor IW-1135 akan berangkat dari Mukomuko pada 08.40 WIB, kemudian diperkirakan mendarat di Fatmawati Seokarno pukul 09.20 WIB.

Operations Director of Wings Air, Capt.Redi Irawan, mengungkapkan  “Ekspansi rute baru adalah bagian strategis Wings Air dalam mengembangkan jaringan penerbangan domestik dalam upaya menghubungkan wilayah setingkat kabupaten dengan kota. Selain itu, pengembangan di Bengkulu ini menjadi bagian komitmen kami guna mempermudah mobilitas orang dan menyediakan akses percepatan distribusi barang ataupun logistik. Kami akan terus melakukan evaluasi market, apabila pasar di rute ini tumbuh secara signifikan maka tidak menutup kemungkinan Wings Air bisa meningkatkan jumlah frekuensi atau membuka rute dengan terhubung ke kota lainnya.”

Layanan Bengkulu ke Mukomuko menawarkan durasi perjalanan lebih efektif berkisar 30 menit dibandingkan 

waktu tempuh darat sekitar 6 jam (247 km). 

Wings Air akan melengkapi transportasi yang ada sekarang sekaligus memberikan alternatif baru bagi penduduk lokal ketika bepergian. Nilai lebih tersebut seiring kesungguhan Wings Air dalam menyediakan konektivitas masyarakat Mukomuko

dan sekitar untuk melanjutkan penerbangan dengan singgah terlebih dahulu di Bengkulu, ke destinasi lainnya 

yaitu Medan, Pekanbaru, Jambi, Padang, Tanjung Pinang, Anambas, Dumai, Tanjung Karang, Palembang, 

Pangkalpinang, Pontianak, Jakarta (Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma), Bandung, Surabaya, 

Yogyakarta, Semarang, Denpasar, Lombok.

Lebih lanjut menurut Capt. Redi, “Mukomuko adalah pintu masuk ke Bengkulu bagian utara, dengan tersedianya penerbangan secara reguler diharapkan berdampak positif terhadap pengembangan berbagai sektor antara lain industri kreatif, pariwisata, bisnis, jasa, perdagangan dan lainnya sejalan upaya pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Wings Air mengharapkan rute ini dapat menunjukan tren positif sejalan berbagai inisiasi banyak pihak.”

“Wings Air berperan sebagai feeder dalam menjembatani ke kota-kota besar di Indonesia, sehingga tercipta 

jalur udara praktis."

Bersamaan pembukaan Bengkulu ke Mukomuko pada 25 Oktober 2018, secara serentak Wings Air akan meresmikan penambahan satu frekuensi terbang dari Kupang ke Atambua di Nusa Tenggara Timur, sehingga menjadi dua kali sehari,” pungkas Capt. Redi.

Sampai saat ini, Wings Air telah terbang ke 110 destinasi dalam dan luar negeri. Untuk jaringan regional, sudah melayani ke Kuching, Malaka di Malaysia. Wings Air memiliki frekuensi yang mencapai lebih dari 350 penerbangan perhari dengan didukung 61 armada ATR 72-500/ 600. (As)

Informasi Penerbangan Lion Air Group di Bengkulu

Rute Lion Air Frekuensi Terbang

Bengkulu – Soekarno-Hatta, Tangerang 4 kali per hari

Rute Batik Air

Bengkulu – Jakarta Halim Perdanakusuma 1 kali per hari

Rute Wings Air

Bengkulu – Palembang 1 kali per hari

Bengkulu – Tanjung Karang, Lampung 1 kali per hari

Bengkulu – Padang 1 kali per hari

Bengkulu – Mukomuko *) 1 kali per hari

Bengkulu – Batam 1 kali per hari

*) Beroperasi mulai 25 Oktober 2018



Kontak Informasi dan Media

CORPORATE COMMUNICATIONS

Management Office - Lion Air Tower

Gajah Mada Street No.7, 3rd Floor, Central Jakarta, Indonesia

www.lionair.co.id

Danang Mandala Prihantoro

Corporate Communications Strategic

+62 8170 777 370 | danang.mandala@wingsair.co.id

Ramaditya Handoko

Corporate Communications

+62 8788 033 3170 | rama.handoko_pr@lionair.co.id

Read more...

Relawan Cilik Untuk Sulawesi Tengah, Dari MIS Hidayatul Mubtadiin

0 komentar

 "Siswa/i menyerahkan Secara Simbolis Bantuan untuk sulawesi tengah Oleh Kepala Madrasah"

Portalblogku.Com 17/10/2018 Kepedulian Terhadap Sulawesi Tengah masih terus mengalir di berbagai Daerah, meski bencana terjadi beberapa waktu silam, namun puing-puing kehancuran masih menyisakan duka yang mendalam serta menghilangkan tempat tinggal dan tempat belajar untuk para siswa di Palu, Sigi, dan Donggala.


Hal ini yang melatar Blakangi Siswa/i MIS Hidayatul Mubtadiin Desa Marga Mukti, Kecamatan Penarik, Kabuoaten Mukomuko, Bengkulu untuk Dapat Melahkukan penggalangan dana di lingkungan Sekolah dan warga tempat sekolah tersebut berdiri.


Ahmad Arifin,S.Pd sebagai Guru Pendamping sekaligus Tim Relawan aksi Peduli Palu, Sigi dan Donggala di kabuoaten mukomuko, menyampaikan bahwa kegiatan ini di laksanakan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap saudara-Saudara Kita Yang Ada Di Sulawesi Tengah sekaligus memupuk rasa kepedulian siswa terhadap lingkungan dan sosial.


"ini merupkan bentuk kepedulian kita kepada sesama, dan sekaligus mengajarkan kepada siswa untuk memiliki rasa kepedulian dan solidaritas antar sesama pelajar yabg tertimpa musibah di sana" ujar arifin.


selain itu, semangat para siswa dalam melahkukan penggalangan dana juga patut di apresiasi, karna tanpa rasa minder para siswa bergerak dari kelas ke kelas hingga akhirnya mendatangi Rumah-rumah warga satu persatu untuk meminta sumbangan sukarela. tukas Arifin.


adapun nanti hasil dari penggalangan dana ini akan di kirimkan melalui Rekening Yayasan Sayangi Tunas Cilik, Save The Children, untuk pembuatan dan pembangunan Kembali Sekolah yang hacur akibat terjangan  Tsunami dan Gempa Bumi. 


Setelah Melahkukan Penggalangan Uang Hasil Penggalangan Di serahkan Kepada kepala Madrasah Salamun,S.Pd.I sebagi simbolis sebelum akhirnya di transfer melalui Save The Children, apresiasipun di berikan Oleh Kepala Madrasah terhadap gerakan siswa tersebut.


"ini merupakan Gerakan sosial yang baik dari para siswa, karena dengan seperti ini siswa akan lebih menghargai tentang pentingnya hidup berdampingan, hidup bersosial dan  juga dapat memaknai arti dari menolong sesama". tutup kepala Madrasah.

 "Relawan Cilik, dari MIS Hidayatul Mubtadiin"

Pada Aksi Penggalangan Dana yang di laksanakan tidak lebih dari 3 Jam ini, Siswa MIS Hidayatul Mubtadiin Berhasil mengumpulkan dana sebesar 1.320.000 Rupiah. 

Read more...

GenPi Bengkulu, Jawab Tantangan Mentri Pariwisata "Arif Yahya"

0 komentar

 "Menjawab Tantangan MenPar, GenPi Bengkulu Segera Launching Destinasi Wisata Digital"

www.portalblogku.com 16/10/2018, Pada Era digital seperti sekarang ini, semua akses informasi sangat mudah di dapat bagi para setiap pengguna jaringan internet, bahkan tidak sedikit dari penggunanya memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan promosi baik di sektor industri, ekonomi dan sektor wisata.

Hal inilah yang melatar blakangi terbentuknya Generasi Pesona Indonesia ( GenPi ) Oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, Untuk Saat ini hampir di setiap daerah di Indonesia Sudah mulai terbentuk Genpi dan tidak terkecuali Di Provinsi Bengkulu.

GenPi Bengkulu telah resmi di kukuhkan pada awal tahun 2018 lalu, dengan di kukuhkannya Genpi Bengkulu harapannya dapat mendongkrak dan mempromosikan wisata Bengkulu di era digital seperti saat ini, baik melalui media social dan lain sebagainya.

Selain terus melakukan promosi wisata,  Genpi juga di tuntut untuk selalu inofatif dalam meracik dan merancang pariwisata di daerahnya masing-masing, untuk dapat menarik minat wisatawan baik lokal maupun internasional. 

Setelah Menpar RI melakukan kunjungan kerjanya di Bengkulu beberapa waktu silam, tepatnya pada acara penutupan Festival tabut 2018, Genpi Bengkulu di beri sebuah tantangan langsung oleh Menpar Arif Yahya untuk Segera membuat dan meresmikan Destinasi Wisata Digital Pertama Di Provinsi Bengkulu, Hal ini di sampaikan pada sambutan beliau di acara penutupan festival tabut 2018 bulan September Silam.

Setelah mendapatkan tantangan dari beliau, Genpi Bengkulu Langsung Bergerak cepat untuk membuat destinasi wisata digital pertama di Bengkulu, dan muncul  ide serta gagasan dari Genpi untuk mebuat sebuah Pasar Digital yang diberi nama Pasar singgah Bung Karno (PSBK).

PSBK  merupakan Sebuah gagasan pertama untuk membuat destinasi wisata digital di provinsi Bengkulu, dengan mengusung tema Kuliner Nusantara yang di kemas secara apik dan tentunya kekinian ala Kidz Zaman Now,  kedepannya PSBK dapat menjadi lokasi favorit kaula muda Bengkulu untuk sekedar melepaskan lelah, bersantai bersama keluarga dan sahabat tentunya.

Beralamatkan di Jalan Anggut atas Kota Bengkulu atau tepatnya berada persis di samping rumah pengasingan Bungkarno, PSBK akan di Launching  pada 20 Oktober 2018 Mendatang,. (AS)

Read more...

ISEM dan KFM adakan Penggalangan Dana Untuk Palu Dan Donggala

0 komentar

 "Nampak Antusiasme Masyarakat yang ikut Berdonasi"

Portalblogku.com, 05/10/18 Gempa dan tsunami yang memporak porandakan Palu dan Donggala Sulawesi Tengah menyita banyak perhatian dan keprihatian bagi masyarakat Dunia dan Indonesia pada khususnya.

Gempa dan Tsunami  mengguncang Palu dan Donggala pada Akhir Bulan September 2018, mengakibatkan kerusakan yang sangat Parah di daerah Palu dan Donggala Sulawesi Tengah sehingga banyak warga yang kehilangan trmpat tinggal dan memaksa mereka mengungsi di tenda-tenda Penampungan yg di siapkan oleh pemerintah.

 "nampak Anggota ISEM dan KFM sedang menerima donasi dari oebgendara Motor yg melintas"

Hal tersebut yang mendasari Ikatan Sahabat Entertain Mukomuko (ISEM) dan Komunitas Fotografer Mukomuko (KFM) untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang ada di palu dan donggala.

Disampaikan Oleh Koordinator Kegiatan Bpk. Markisdi yang juga Kepala Desa aktif di Desa Sumber Mulya kec.Penarik.

 "Posko Peduli Bencana Palu dan Donggala yang terletak di Simpang Penarik"

"Kegiatan ini di laksanakan karna rasa prihatin kita atas musibah yang menimpa saudara kita di palu dan donggala, setelah melahkukan koordinasi bersama rekan-rekan, kita semua sepakat untuk malkukan aksi penggalangan dana untuk  Palu dan Donggala, Karena bagi kami duka saudara kita di Palu dan Donggala merupakan Duka untuk kita semua". ujar Mas Kis sapaan Akrabnya.

Kegiatan yang melibatkan 28 anggota dari Rekan-rekan Satu profesi di dunia Entertain ini rencananya akan berlangsung selama 3 hari, di mulai dari hari Jum'at, 5 Oktober 2018 sampai minggu, 8 Oktober 2018.

"Kegiatan ini di laksanakan 3 hari mas, mulai tanggal 5-8 oktober 2018, anggotanya juga rekan-rekan satu profesi di dunia Entertain Mukomuko" ungkap Mas Kis saat di temui tim portalblogku.com di Lokasi Penggalangan dana yang berada lokasi di Simpang 3 Penarik.

 "anggota KFM dan ISEM sedang Berteduh akibat hujan Turun"

ISEM dan KFM juga Sudah melahkukan Koordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko sebagai Penyalur Bantuan ke Lokasi Bencana.

" Kami Juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kab.Mukomuko sebagai instansi pemerintah yang kami anggap susai untuk dapat menyampaikan donasi kami kepada Korban Bencana di Lombok Dan Donggala, dan sampai jam 3 di hari pertama Donsi sudah Terkumpul sekitar 6.000.000 Rupiah, dan harapan kami akan terus bertambah sampai hari terakhir penggalangan". Tutupnya.

 "Tampak Koordinator Bpk.Markisdi kaos Putih Bertopi sedang melahkukan Penggalangan"
Read more...

LETUSAN GUNUNG TERDAHSYAT SEPANJANG SEJARAH INDONESIA

2 komentar

 "letusan maha dahsyat gunung krakatau yang membuat iklim di bumi berubah"

> Sejarah Singkat Gunung Krakatau

Di kutip dari Laman Wikipedia , Krakatau  berasal dari bahasa inggris yaitu Krakatoa  yang berarti  kumpulan Vilkanik yang masih aktif yang berada di antara selat sunda dan pulau jawa.

Julukan tersebut di sematkan pada salah satu pulau vulkanik yang berada di antara selat tersebut yang sering di kenal dengan nama Gunung Krakatau, .

> Letusan Dahsyat Gunung Krakatau

 "ilustrasi letusan gunung krakatau"

Pada 26-27 Agustus 1883 Gunung krakatau menumpahkan lahar panasnya  secara dahsyat sehingga menewaskan lebih dari 34.000 korban jiwa,

hal ini terjadi karena saat meletus nya gunung krakatau  di sertai dengan tsunami besar pada waktu itu, 

selain menyebabkan tsunami dan  dampak korban jiwa yang begutu Besar, letusan gunung krakatau juga membawa dampak perubahan  iklim secara global hampir di seluruh belahan muka bumi ini, pada saat itu dunia sempat di tinpa gelap gulita karena abu vulkanik yang menutupi atmosver bumi.


 "gambaran Gunubg Krajatau Sbelum Meletus"

etusan itu terdengar sampai di Alice SpringsAustralia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika, 4.653 kilometer. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II

"gambaran gunung krakatu setelah meletus" 

Ledakan Krakatau ini sebenarnya masih kalah dibandingkan dengan letusan Gunung Tobadan Gunung Tambora di IndonesiaGunung Tanpo di Selandia Baru dan Gunung Katmal di Alaska. Namun gunung-gunung tersebut meletus jauh pada masa ketika populasi manusia masih sangat sedikit.

Dan dari letusan ini pula Gunung Krakatau di nyatakan hilang dan lenyap, .

> Gunung Anak Krakatau

" Munculnya Gunubg Anak Krakatau"

Setelah Gunung Krakatau memuntahkan isinya secara dahsyat,  sehingga di nyatakan hilang dan musnah,  pada masa itu,  namun kembali di temukan Gunung anak krakatau yang merupakan  Anak gunung dari gunung Krakatau di selat sunda .

Gunung anak krakatau ini merupakan salah satu gunung Fulkanik akttif yang berada di  perairan selat sunda,  Gunung ini sering sekali mengeluarkan  Larva pijar , dan di gubung anak krakatau ini pula nampak perkembangan gunung semakin bertambah.

> Gunubg Anak Krakatau Meletus pada tahun 2018.

pada tahun 2018 sejak bulan September peningjatan aktifitas Gububg anak Krakatau semakin nampak, sampai pada akhirnya Gunung anak Krakatau meletus,.

Di kutip dari Tribunlampung, bahwasannya aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) di Selat Sunda masih terus menunjukan peningkatan. Pada selasa (2/10/2018) kemarin, hingga pukul 00.00 WIB, tercatat terjadi 156 kali letusan dengan amplitudo 30-51 mm dan durasi 29 – 305 detik.

Menurut Kepala Pos Pantau GAK di Desa Hargo Pancuran, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Andi Suardi, dari data Manga VAR (Vulcano Activity Report) juga teramati adanya gempa tremor harmonik dengan amplitudo 10-15 mm dan durasi 24-37 detik. Lalu gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo 6-8 mm dan durasi 3-6 detik. “Juga teramati gempa tremor menerus (microtremor) dengan amplitudo 3-51 mm (dominan 45 mm),” ujarnya kepada Tribun, rabu (3/10/2018). Untuk siang hari, lanjut Andi, pengamatan secara visual ke GAK tertutup kabut. Namun pada malam hari dari pantauan CCTV teramati sinar api dan lontaran lava pijar ke segala arah. “Juga terdengar suara dentuman dan getaran yang terasa lemah hingga kuat pada pos PGA,” kata dia.

Hingga saat ini status GAK masih pada level II Waspada. Dimana para nelayan dan juga pengunjung dilarang mendekati GAK dalam radius 2 kilometer. .

(Foto kondisi GAK pada pekan laluu, dokumen Polairud Polres Lamsel). (*)

Sumber : 

@tribunlampung Tribun Lampung/Dedi Sutomo/HO

- Wikipedia Indonesia, Sejarah Gunung Krakatau

Read more...

PEREMPUA ERA MILENIAL "SKK Ke-IV KOPRI PC PMII Grobogan"

0 komentar

 "Peserta SKK Ke-4 Kopri Pc PMII Grobogan"

Portalblogku.com perssriles Kopri Pc PMII Grobogan

03/10/18, kesetaraan gender dalam mewujudkan partisipasi perempuan di era milenial, Menjadi Tema utama pada Sekolah Kader Kopri (SKK) Ke-IV yang di laksanakan oleh Korp Pergerakan Purti (Kopri) Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Grobogan.

Berbiacara tentang kesetaraan gender sebenarnya ini bukanlah hal yang asing lagi ditelinga baik bagi laki-laki apalagi kaum perempuan ,kesetaraan gender yang merupakan persamaan hak antara laki-laki dan perempuan dalam berbagai aspek, baik itu ekonomi,sosial,budaya, pendidikan bahkan politik. Tetapi di skk kopri pc pmii grobogan tidak membahas kembali pengertian gender karena seluruh peserta sudah memahami materi kesetaraan gender itu sendiri. Di kegiatan skk ini lebih di fokuskan kesetaraan dalam mewujudkan pastisipasi perempuan di era milenial. 

Generasi milenial yang kita kenal yaitu generasi yang serba bisa generasi yang cerdas dan kreatif. 

Sebagai generasi milenial tentunya penting bagi kaum perempuan untuk bisa melakukan sebuah perubahan, partisipasi perempuan juga merupakan hal yang penting dalam melakukan perubahan dalam berbagai aspek. 

  "Kader KOPRI PC PMII Grobogan"

Seperti yang dilakukan Catherine Hindra Sutjahjo (35) yang mendirikan Zalora. Beliau melakukan sebuah bisnis yang menggeluti dunia fashion dan yang paling penting yaitu sebagai generasi milenial harus menggunakan media sosial dengan hal yang positif, faktanya bahkan ketika di lihat perbandingannya generasi milenial menggunakan media sosial 7 jam bahkan lebih dalam sehari untuk hal yang tidak bermanfaat. 

Tetapi yang paling penting dalam pembahasan ini yaitu bagaimana kader kopri ataupun  genereasi milenial khususnya sebagai perempuan mampu melakukan sebuah perubahan dan mampu berpartisipasi dalam berbagai aspek yang mungkin belum banyak di minati kaum perempuan. 

Seperti yang dilakukan oleh pahlawan kita RA. Kartini beliau melakukan sebuah gerakan dan perubahan di umur milenial tetapi beliau tidak mampu mewujudkan semuanya sampai hari ini karena di umur 25 tahun beliau di panggil sang khalik jasanya yang selalu kita kenang smpai hari ini berkat perjuangannya munculnya emansipasi. Beliau adalah perempuan yang patut untuk kita jadikan contoh berani bergerak untuk perubahan. Perempaun sudah banyak sekali menggeluti dunia fashion, guru,dosen, pengusaha dan sebagainya. Tetapi sampai hari ini masih jarang perempuan yang berani untuk terjun ke dunia politik.  Sudah jelas bahwa perempuan sudah diberikan kesempatan 30% untuk duduk di dunia politik tapi nyatanya kuota 30% itu belum bisa terpenuhi di pemilu 2017-2019. 

Dengan inilah kita sebagai generasi milenial harus mampu mewujudkan apa yang dibutuhkan kaum perempuan di era milenial ini, dan selain dunia politik  juga bisa melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat seperti yang dilakukan oleh seorang perempuan turki yaitu Halide Edip Hanum atau Halide Edip Adivar yang melegenda karena perjuangannya dalam menjunjung hak-hak perempuan. 

Dirinya menulis banyak artikel pendidikan tentang dunia perempuan di media cetak, Tevfik Fikret, Tanin pada tahun 1908. Tulisan-tulisannya yang tajam untuk membela kaum perempuan membuat Kementerian Pendidikan Turki menggajinya untuk membangun sebuah sekolah perempuan di Konstantinopel. 

Harapannya generasi milenial indonesia juga mampu untuk melakukan hal-hal seperti ini yang bermanfaat bagi masyarakat.  Bung Karno selalu mengharapkan Indonesia memiliki tokoh-tokoh perempuan sekaliber Halide Edip Hanum.

Jadi pentingya kaum perempuan sebagai generasi milenial mampu berani maju untuk melakukan sebuah perubahan yang masih minoritas perempuan berpartisipasi didalamnya. hal ini di sampaikan oleh Siti Khoiriyah selaku Pengurus Besar Kopri Pada Reelesnya kepada Portalblogku.com

Read more...