Portal Blog Ku

" NEWS " DESA MARGA MUKTI MENJADI DESA TERBAIK DI TAHUN 2019

Gambar
Portalblogku.com / Senin,15 April 2019, Peningkatan pelayanan dan juga administrasi dalam sebuah Desa merupakan salah satu bagian terpenting untuk dapat memajukan Desa tersebut, harapannya administrasi yang baik dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan juga kinerja dari desa, dan pada 09 April 2019 Lecamatan Penarik kembali mengadakan Lomba Anyar Desa Tingkat Kecamatan Penarik untuk dapat menilai kinerja Desa di wilayahnya, sementara itu pengumuman yang di laksanakan pada 15 April 2019 keluar sebagai Desa Terbaik adalah Desa Marga Mukti.
Kepala desa marga mukti Marwanto menyampaikan prestasi ini tentunya tidak lepas dari semua pihak terlebih kerja sama antar perangkat desa marga mukti yang terus meningkatkan pelayanan dan kedisiplinan kinerjanya.
" Ya semua ini sebetulnya berkat kerjasama antara perangkat desa yang mencoba selalu meningkatkan kedisiplinan kerja serta pelayanan terhadap masyarakat " ujarnya.
beliau juga menambahkan bahwa dalam sebuah struktural kepemerintah…

LETUSAN GUNUNG TERDAHSYAT SEPANJANG SEJARAH INDONESIA

 "letusan maha dahsyat gunung krakatau yang membuat iklim di bumi berubah"

> Sejarah Singkat Gunung Krakatau

Di kutip dari Laman Wikipedia , Krakatau  berasal dari bahasa inggris yaitu Krakatoa  yang berarti  kumpulan Vilkanik yang masih aktif yang berada di antara selat sunda dan pulau jawa.

Julukan tersebut di sematkan pada salah satu pulau vulkanik yang berada di antara selat tersebut yang sering di kenal dengan nama Gunung Krakatau, .

> Letusan Dahsyat Gunung Krakatau

 "ilustrasi letusan gunung krakatau"

Pada 26-27 Agustus 1883 Gunung krakatau menumpahkan lahar panasnya  secara dahsyat sehingga menewaskan lebih dari 34.000 korban jiwa,

hal ini terjadi karena saat meletus nya gunung krakatau  di sertai dengan tsunami besar pada waktu itu, 

selain menyebabkan tsunami dan  dampak korban jiwa yang begutu Besar, letusan gunung krakatau juga membawa dampak perubahan  iklim secara global hampir di seluruh belahan muka bumi ini, pada saat itu dunia sempat di tinpa gelap gulita karena abu vulkanik yang menutupi atmosver bumi.


 "gambaran Gunubg Krajatau Sbelum Meletus"

etusan itu terdengar sampai di Alice SpringsAustralia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika, 4.653 kilometer. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II

"gambaran gunung krakatu setelah meletus" 

Ledakan Krakatau ini sebenarnya masih kalah dibandingkan dengan letusan Gunung Tobadan Gunung Tambora di IndonesiaGunung Tanpo di Selandia Baru dan Gunung Katmal di Alaska. Namun gunung-gunung tersebut meletus jauh pada masa ketika populasi manusia masih sangat sedikit.

Dan dari letusan ini pula Gunung Krakatau di nyatakan hilang dan lenyap, .

> Gunung Anak Krakatau

" Munculnya Gunubg Anak Krakatau"

Setelah Gunung Krakatau memuntahkan isinya secara dahsyat,  sehingga di nyatakan hilang dan musnah,  pada masa itu,  namun kembali di temukan Gunung anak krakatau yang merupakan  Anak gunung dari gunung Krakatau di selat sunda .

Gunung anak krakatau ini merupakan salah satu gunung Fulkanik akttif yang berada di  perairan selat sunda,  Gunung ini sering sekali mengeluarkan  Larva pijar , dan di gubung anak krakatau ini pula nampak perkembangan gunung semakin bertambah.

> Gunubg Anak Krakatau Meletus pada tahun 2018.

pada tahun 2018 sejak bulan September peningjatan aktifitas Gububg anak Krakatau semakin nampak, sampai pada akhirnya Gunung anak Krakatau meletus,.

Di kutip dari Tribunlampung, bahwasannya aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) di Selat Sunda masih terus menunjukan peningkatan. Pada selasa (2/10/2018) kemarin, hingga pukul 00.00 WIB, tercatat terjadi 156 kali letusan dengan amplitudo 30-51 mm dan durasi 29 – 305 detik.

Menurut Kepala Pos Pantau GAK di Desa Hargo Pancuran, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Andi Suardi, dari data Manga VAR (Vulcano Activity Report) juga teramati adanya gempa tremor harmonik dengan amplitudo 10-15 mm dan durasi 24-37 detik. Lalu gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo 6-8 mm dan durasi 3-6 detik. “Juga teramati gempa tremor menerus (microtremor) dengan amplitudo 3-51 mm (dominan 45 mm),” ujarnya kepada Tribun, rabu (3/10/2018). Untuk siang hari, lanjut Andi, pengamatan secara visual ke GAK tertutup kabut. Namun pada malam hari dari pantauan CCTV teramati sinar api dan lontaran lava pijar ke segala arah. “Juga terdengar suara dentuman dan getaran yang terasa lemah hingga kuat pada pos PGA,” kata dia.

Hingga saat ini status GAK masih pada level II Waspada. Dimana para nelayan dan juga pengunjung dilarang mendekati GAK dalam radius 2 kilometer. .

(Foto kondisi GAK pada pekan laluu, dokumen Polairud Polres Lamsel). (*)

Sumber : 

@tribunlampung Tribun Lampung/Dedi Sutomo/HO

- Wikipedia Indonesia, Sejarah Gunung Krakatau

Komentar

  1. Mohon tulisanya lebih teliti lagi ya, banyak huruf yg salah ketik. Overall bagus tulisannya buat nambah pengetahuan :) terimakasih :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas masukannya bang, semoga kedeoan bisa lebih baik lagi. kritik saran sangat kami butuhkan.

      Hapus

Posting Komentar

terimakasih kak, sudah mampir ke bog kami, jika punya informasi menarik, bisa lagsung kirimkan melalui Cp 082280924918

Postingan populer dari blog ini

" NEWS " Warga Rejang Lebong Hanyut Di Penarik

"MITOS" Ratu Pantai Selatan Dan Danau Nibung Mukomuko

" NEWS - UPDATE " KORBAN DI TEMUKAN 50 METER DARI LOKASI KEJADIAN