Portal Blog Ku

" NEWS " DESA MARGA MUKTI MENJADI DESA TERBAIK DI TAHUN 2019

Gambar
Portalblogku.com / Senin,15 April 2019, Peningkatan pelayanan dan juga administrasi dalam sebuah Desa merupakan salah satu bagian terpenting untuk dapat memajukan Desa tersebut, harapannya administrasi yang baik dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan juga kinerja dari desa, dan pada 09 April 2019 Lecamatan Penarik kembali mengadakan Lomba Anyar Desa Tingkat Kecamatan Penarik untuk dapat menilai kinerja Desa di wilayahnya, sementara itu pengumuman yang di laksanakan pada 15 April 2019 keluar sebagai Desa Terbaik adalah Desa Marga Mukti.
Kepala desa marga mukti Marwanto menyampaikan prestasi ini tentunya tidak lepas dari semua pihak terlebih kerja sama antar perangkat desa marga mukti yang terus meningkatkan pelayanan dan kedisiplinan kinerjanya.
" Ya semua ini sebetulnya berkat kerjasama antara perangkat desa yang mencoba selalu meningkatkan kedisiplinan kerja serta pelayanan terhadap masyarakat " ujarnya.
beliau juga menambahkan bahwa dalam sebuah struktural kepemerintah…

MANFAAT AIR BAMBU TEU "BAMBU EUL-EUL" UNTUK KESEHATAN

 "Air Bambu Teu / Bambu eul-eul yang banyak akan manfaat"
Portalblogku.com  , selasa 23 Oktober 2018, Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Kalau orang Jawa menyebutnya pring. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60 cm (24 Inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam.
Bambu sendiri diklasifikasikan ke lebih dari 10 genus dan 1450 spesies. Di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bengkulu dapat dengan mudah ditemui 5 jenis bambu di antaranya bambu tali, wulung, ampel, petung, kuning, dan bambu tulup. namun ada satu jenis bambu yang mungkin sudah sangat jarang di temui namun masih ada di bengkulu, yakni bambu teu atau masyarakat bandung menyebutnya bambu eul-eul ,  bambu ini menjadi sangat jarang di temui karna masih di anggap gulma bagi masyarakat, padahal sejatinya bambu ini mengandung banyak keunikan dan banyak Khasiat.
Bambu yang bernama latin nastus elegantissimus hask holt ini memang termasuk langka. Dari 156 jenis bambu yang ada di Indonesia hanya bambu teu yang berisi air di antara ruas-ruasnya. Itupun tidak semuanya karena dari 100 pohon jenis ini hanya tiga atau empat yang ada airnya.
Di Bengkulu sendiri Suku rejang sangat mempercayai bahwa air yang berada bambu ini mampu meredakan panas dalam, sedangkan di Jawa Barat air bambu ini di percaya dapat mengobati 42 macam Penyakit di antaranya seperti darah tinggi, lumpuh, kolesterol, ginjal, dan asam urat dalam waktu singkat.


 "Ketua Kompas Sdr.Abil (Baju Batik) dan Tim Portalblogku.com (kaos putih)"
Meski sudah dikenal di Cina sejak ribuan tahun lalu tapi di Indonesia belum banyak yang tahu tentang khasiat bambu teu, rasa air dari bambu teu sendiri sangat unik, bewarna seperti air kelapa, dan berasa sedikit sepat dengan sedikit rasa khas bambu, air bambu ini sangat aman di minum.

di provinsi Bengkulu sendiri ada satu komunitas Pengrajin Bambu yang tergabung dalam Komunitas Pemuda Sukses ( Kompas ) yang beralamat di Desa Taba Padang, kecamatan Seberang Musi, kabupaten Kepahing, saat ini sedang berusaha untuk terus membudidayakan bambu jenis ini, mengingat manfaat yang di berikan sangat banyak, di sampaikan oleh ketua Kompas sdr. Abil saat di temui tim portalblogku.com di sela-sela kegiatannya di pada grend opening Pasar Singgah Bungkarno di samping rumah pengasingan bung karno, anggut atas kota Bengkulu.
 "Bibit Rumpun Bambu yg di budidayakan oleh KOMPAS Kepahing-Bwngkulu"
" iya mas, kami sekarang selain fokus dengan kerajinan yang sudah di buat, kami juga masih berupaya untuk membudidayakan jenis bambu teu supaya bisa bertahan dari kepunahan di provinsi kita ini, karena manfaatnya yang begitu banyak dan belum banyak orang yang mengetahui atau bahkan mereka terkesan masa bodong dengan jenis bambu ini", ujarnya.
 "Salah satu hasil kerajinan Seni Lukis Bambu oleh KOMPAS dan satu ruas Bambu Teu yang berisi Air di dalam rosnya"
adapun kerajinan-kerajinan yang di buat oleh komunitas ini antara lain lukisan bambu, anyaman bambu, Korsi dan meja, dan Saung dari Bambu, serta produk yang terus di promosikan oleh Kompas yaitu Air Bambu teu dan Stik Rebung, di kesempatan yang sama *red, tim portalblogku.com juga berkesempatan mencicipi air bambu teu dan juga stik rebung di stand Kompas tersebut.
 "Stik Rebung, hasil produksi KOMPAS sebagai olahan produktif dan inovasi masyarakat"
adapun harga produk yg di jual dari lukisan di bambu sampai saung bambu dengan harga termurah 50.000 untuk Lukisan dari bambu dan 2.500.000 untuk harga saung, sedangkan untuk air bambu teu di jual per kilo dengan harga 25.000 per Kilogram dan untuk Stik Rebung di bandrol dengan harga 10.000 per pcs dengan berat 250 gram. (As)
 "alamat dan Contack Pesroon KOMPAS Kepahing"

Komentar

Posting Komentar

terimakasih kak, sudah mampir ke bog kami, jika punya informasi menarik, bisa lagsung kirimkan melalui Cp 082280924918

Postingan populer dari blog ini

" NEWS " Warga Rejang Lebong Hanyut Di Penarik

"MITOS" Ratu Pantai Selatan Dan Danau Nibung Mukomuko

" NEWS - UPDATE " KORBAN DI TEMUKAN 50 METER DARI LOKASI KEJADIAN