Portal Blog Ku

" Komunitas " Arti Sebuah Komunitas

Gambar
hallo guysss, di masa ini banyak sekali kelompok-kelompok yang bermunculan dengan menamakan dirinya sebagai sebuah komunitas, seolah berada di sebuah komunitas bagaikan trend kekinian, tapi pernahkah terlintas di benak kalian untuk mencari tahu apa sih sebenernya komunitas itu..? lantas apa bedanya komunitas, organisasi, club, dan juga geng? 
nah disini penulis akan mencoba membedah tentang apa itu arti sebuah komunitas dan perbedaan antara komunitas, organisasi, club, dan geng.
1. komunitas dikutip dari Wikipedia Indonesia Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. ... Wilayah atau tempat sebuah komunitas dapat dilihat sebagai tempat di mana sekumpulan orang mempunyai sesuatu yang sama secara geografis.
atau bisa dibilang komunitas adalah sekelompok orang berjumlah 2 atau lebih yang berkumpul dengan memiliki kesamaan pada hobinya, biasanya komunitas lebih bersifat fleksibel atau tidak …

POTENSI WISATA ARUNG JERAM DI MUKOMUKO

 "Kegiatan Latihan Arung Jeram di Sungai Lohbunta"
Portalblogku.com di masa ini banyak sekali spot-spot wisata yang dapat kita kunjungi baik dari perkotaan hingga daerah, namun potensi wisata alam akan lebih banyak di temukan di daerah, seperti Air Terjun, Gunung, Bukit, Pantai, Endemik langka bahkan wisata sungai dengan menggunakan prahu atau sering kuta kenal dengan Arung Jeram.
Di Daerah Kabupaten Mukomuko sendiri sebenarnya banyak sekali potensi wisata alam yang bisa kita gali, seperti air terjun, endemik bunga langka bahkan wisata arung jeram, dengan banyaknya aliran sungai di Mukomuko membuat potensi besar untuk wisata arung jeram ini.
Hal ini di lahkukan oleh Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Bengkulu yang melakukan survei potensi Arung Jeram di daerah Mukomuko.
 "Pengarahan keamanan dan Keselamatan Arung Jeram Oleh Instruktur FAJI"
Di Mulai pada hari Sabtu 27 okt 2018 FAJI bersama beberapa komunitas seperti PALM, Bengkuku Trip, dan OAT  melahkukan survei di Sungai Lohbunta Kecamatan Penarik, Star dari lokasi Galian C Suntoko di desa Suka Maju FAJI dan Team menyusuri sungai sampai Finish di Lokasi Galian C milik Maskur di Desa Penarik (Swakarsa).
Pada Hari Ke-2, Minggu 28 Okt 2018 Survei kembali di lanjutkan dengan menyusuri sungai lebih ke Hulu, dan perjalanan arung jeram di mulai dari Desa Sendang Mulya Kec.Penarik dan Finisah Di Jembatan Desa Penarik. 
 "Tampak Ibu Dandim Mukomuko dan Ibu Danpos AL beserta Instruktur dan Team Arung Jeram"
Pengurus FAJI Bengkulu Tri Parayudi yang biasa disapa Kojek, titik survei mulai dari anak sungai Gambir Desa Sindang Mulyo sampai jembatan jalan raya Desa Penarik.
"Jalur yang kita survei panjangnya sekitar  10 km. Sedang waktu pengarungan sekitar 2,5 jam," ungkap Kojek.
Katanya, sungai Air Dikit ini sasaran pertama, masih ada lagi sungai-sungai yang diprediksi berfotensi memiliki potensi wisata.
"Untuk sungai Lohbunta ini sangat layak dikembangkan wisata Arung Jeran. Jeram-jeramnya masih katagori aman untuk wisata," ujarnya.
Dengan adanya potensi wisata dan Olahraga Arung Jeram ini, Kojek menyarankan untuk dibentuk kepengurusan FAJI Kabupaten Mukomuko. Ia juga berharap terbentuk pula club-club Olahraga Arung Jeram di daerah ini.
 "Persiapan Star Arung Jeram Di Desa Simdang Mulya Kec.Penarik"
"Survei ini sengaja kita libatkan masyarakat sekitar sungai, harapannya muncul club Arung Jeram. Saya juga sampaikan kepada komunitas Pencinta Alam yang juga ikut survei untuk membentuk FAJI. Jadi di Mukomuko ada organisasi untuk pengembangan wisata maupun olahraga Arung Jeram di daerah ini," bebernya.
Selepas Survei, langsung dilakukan Fun Rafting. Kegiatan ini langsung direspon baik. Ikut dalam pengarung Kepala Bandara Mukomuko, Irpansyah P Rahman, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Kodim 0428/MM, Fitri Dewi Anggraini, Danpos AL Mukomuko, Peltu Bha Sapto Agus beserta Istri serata masyarakat setempat.
"Kita terimakasih kepada pihak-pihak yang sudah terlibat pada kegiatan survei ini diantaranya Dinas Pariwisata, Ka. Bandara, Ketua Persit Kodim 0428/MM Ibu Reni, Danpos AL dan Komunitas Pecinta Alam yang sudah ikut membantu," pungkas Kojek. (As)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH DAN MITOS BENTENG ANNA ( FORT ANNE ) KABUPATEN MUKOMUKO

"MITOS" Ratu Pantai Selatan Dan Danau Nibung Mukomuko

WISATA BATU TAKUP yang belum banyak di kenal