Portal Blog Ku

" Komunitas " Arti Sebuah Komunitas

Gambar
hallo guysss, di masa ini banyak sekali kelompok-kelompok yang bermunculan dengan menamakan dirinya sebagai sebuah komunitas, seolah berada di sebuah komunitas bagaikan trend kekinian, tapi pernahkah terlintas di benak kalian untuk mencari tahu apa sih sebenernya komunitas itu..? lantas apa bedanya komunitas, organisasi, club, dan juga geng? 
nah disini penulis akan mencoba membedah tentang apa itu arti sebuah komunitas dan perbedaan antara komunitas, organisasi, club, dan geng.
1. komunitas dikutip dari Wikipedia Indonesia Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. ... Wilayah atau tempat sebuah komunitas dapat dilihat sebagai tempat di mana sekumpulan orang mempunyai sesuatu yang sama secara geografis.
atau bisa dibilang komunitas adalah sekelompok orang berjumlah 2 atau lebih yang berkumpul dengan memiliki kesamaan pada hobinya, biasanya komunitas lebih bersifat fleksibel atau tidak …

MITOS KERBAU HIJAU, PANTAI ABRASI MUKOMUKO

 "Sunset Pantai Abrasi Mukomuko"

portalblogku.com , Mukomuko memang terkenal dengan garis pantai yang sangat panjang, maka jika kita akan berkunjung ke Derah ini maka jangan heran kalau akan banyak sekali lokasi wisata Pantai di sini. dari selatan kabupaten ini yang berbatasan dengan kabupaten Bengkuku Utara, kita akan menemui banyak sekali pantai mulai dari pantai Batu Kumbang, Pantai Air Rami, Pantai Air Hitam, Penangkaran Penyu, Pantai telaga telaga biru, pantai pandan wangi, pantai air latah, pantai indah mukomuki, dan banyak lagi wisata pantai yang akan di tawarkan.

Tapi ada satu kawasan pantai yang memiliki nilai historis yang sangat mepekat dengan masyarakat Mukomuko, pantai apa itu..?

Ya...! Pantai Abrasi Mukomuko,  Pantai yang terletak di Kec.Air Dikit ini memiliki nilai dan kisahnya di balik terbentuknya pantai Abrasi.

Awalnya Pantai Abrasi memiliki jarak dengan bahu jalan sekitar 1km, seiring perkembangan tahun, dan ombak yang tiada henti mengikis daratan setiap tahunnya,  bahkan menurut Study yang di lakukan BPBD kab.Mukomuko, Pantai mukomuko mengalami kenaikan sebanyak 2-5 cm selama 5 tahun.

1. Pantai Abrasi Mukomuko Terbentuk

 "Pantai Abrasi Mukomuko"

Pada tahun 2004, saat terjadi Tsunami besar yang menimpa saudara kita di Aceh, waktu itu, dampak ombak besarpun sampai ke Perairan Bengkulu tidak terkecuali dengan Mukomuko.

Pada saat itu ombak yang terjadi sampai menghempas ke tepian jalan di sepanjang pantai Abrasi, dan mengakibatkan banyaknya jalan yang terputus. setelah kejadian itu konstur tanah di sepanjang pantai menjadi semakin labil dan Ombak menjadi Semakin Keras Menghantam,.

Sampai pada tahun 2007 silam, gempa menimpa kepulauan mentawai. dan dampak ini juga terasa Sampai ie Mukomuko, Dari dampak kerusakan Rumah dan Naiknya Air Laut, meski tidak Tsunami, tapi banyak orang yg menganggap jika Naiknya Air Laut itu merupakan Tsunami Kecil.

Evek dari Tsunami Kecil ini lah yang mengakibatkan Jalan Sepanjang 1-5 km di sepanjang Garis Pantai Abrasi mengalami kerusakan parah, dan mengharuskan Pemerintah untuk menanggul sepanjang Bibir Pantai ini.

2. Mitos Pantai Abrasi.

 "Jalan Lintas Sumatra yang berada di tepi Pantai Abrasi"

setelah pantai abrasi di nyatakan Rampung pengerjaannya, maka pantai ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi warga sekitar hususnya para Bujang Gadis Mukomuko untuk menghabiskan waktu weekandnya di sini, dan tidak sedikit pula para pengemudi yang menyempatkan diri untuk mampir dan beristirahat di pantai ini.

trek jalan yang lurus dan tiada belokan di manfaatkan para pembalap liar di daerah itu untuk memacu kendaraan dengan kekuatan penuh, namun tidak sedikit pula yang meregang nyawa sia-sia di sepanjang jalan tersebut.

selain balap liar, ada pula yang memanfaatkan situasi sepi di malam hari untuk bervuat sesuatu yang tidak baik di sepanjang gari pantai abrasi ini.

ada banyak fersi cerita mistis yang beredar di masyarakat, salah satunya adalah keberadaan Kerbau Hijau yang sering menampakkan diri kepada mereka yang memiliki niatan kurang baik di Pantai Itu.

kerbau hijau yang di maksudkan di sini adalah penampakan sosok kereta kencana Ratu Pantai Selatan kepada orang yang memiliki niat tidak baik tersebut, bahkan ada yang menyebutkan jika ada orang yang melihat hal tersebut banyak masyarakat yang percaya maka orang itu tidak selamat dan ada juga yang menyampaikan dia akan sering di hantui rasa takut yang berlebih.

3. Cerita Masyarakat

 "Senja Menjelang di Pantai Abrasi"

Penulis mencoba mendapatkan Narasumber untuk ceita ini, sampai bertemu dengan salah satu orang berinisial "E" yang pernah Mengalami hal ganjil di daerah tersebut.

Pada suatu malam teoatnya pada malam puncak HUT Kabupaten Mukomuko, dia sempat bersama pasangannya mampir di tepi pantai tersebut, dengan niatan yang kurang bagus dia meminggirkan motor di tepi pantai yang sepi.

tidak lama setelah itu dia duduk berdua di pantai dengan keadaan fikiran sudah mulai gak bagus, namun setelah beberapa saat dia merasakan keganjilan mulai muncul di diri mereka, "E" menceritakan dia sempat merasakan sekujur tubuhnya tidak bisa bergerak sampai beberapa saat, dan anehnya hal yang sama di rasakan juga oleh pasangannya,.

dari kejadian itu "E" memutuskan untuk pulang dan menghilangkan semua niatan tidak baiknya di situ.

dan sempat juga di ceritakan oleh masyarakat sekitar bahwa ada salah satu pemuda yang sempeat melihat kemunculan Kerbau Hijau tersebut, dan tidak lama setelah kejadian itu dia mengalami sakit yang aneh selama beberapa bulan.

Pada dasarnya di setiap tempat apapun itu jika memang kuta memiliki niat tidak baik maka ketidak baikan pula yang akan menimpa kita. tapi jika kita memiliki niat baik maka sesuatu yang baik pula yang akan menghampiri kita, jadi tetap jaga lingkungan sekitar dengan tingkah laku kita. (As)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH DAN MITOS BENTENG ANNA ( FORT ANNE ) KABUPATEN MUKOMUKO

"MITOS" Ratu Pantai Selatan Dan Danau Nibung Mukomuko

WISATA BATU TAKUP yang belum banyak di kenal