Portal Blog Ku

INI DIA PERBEDAAN KOMITMEN, KONSISTEM DAN KONSEKUEN

Gambar
Hallo Guyss Sobat portalblogku.com, mendengar kata Komitmen, Konsisten, dan Konsekuen pasti sangat sering dong...? apa lagi kalian yang emang kerjaannya hanya berkomunitas, organisasi dan bahkan dalam sebuah pekerjaan pasti sering kalian mendengar kata itu. 
Lantas Pernah gak kalian berfikir apa si itu sebenarnya Arti dari itu semuanya : nah berikut sedikit kita akan bahas tentang perbedaan dan juga apa si hubungannya...?
Sebelum bahas perbedaan kita coba bahas satu persatu dulu.
1. KOMITMEN jika menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) Komitmen berarti : perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu; kontrak: perkumpulan mahasiswa seharusnya mempunyai -- thd perjuangan reformasi.
nah.... Sedangkan menurut Rizal Panggabean, Pengertian KOMITMEN: - Pembuatan komitmen adalah proses atau mekanisme yang lumrah terjadi dalam hidup kita. -komitmen adalah langkah atau tindakan yang Anda ambil untuk menopang suatu pilihan tindakan tertentu, sehingga pilihan tindakan itu dapat kita jal…

" Komunitas " Arti Sebuah Komunitas


hallo guysss, di masa ini banyak sekali kelompok-kelompok yang bermunculan dengan menamakan dirinya sebagai sebuah komunitas, seolah berada di sebuah komunitas bagaikan trend kekinian, tapi pernahkah terlintas di benak kalian untuk mencari tahu apa sih sebenernya komunitas itu..? lantas apa bedanya komunitas, organisasi, club, dan juga geng? 

nah disini penulis akan mencoba membedah tentang apa itu arti sebuah komunitas dan perbedaan antara komunitas, organisasi, club, dan geng.

1. komunitas
dikutip dari Wikipedia Indonesia Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. ... Wilayah atau tempat sebuah komunitas dapat dilihat sebagai tempat di mana sekumpulan orang mempunyai sesuatu yang sama secara geografis.

atau bisa dibilang komunitas adalah sekelompok orang berjumlah 2 atau lebih yang berkumpul dengan memiliki kesamaan pada hobinya, biasanya komunitas lebih bersifat fleksibel atau tidak terikat, serta tidak ada ADRT yang baku dalam perjalanannya. 

nah dalam sebuah komunitas biasanya struktur hanya di gunakan sebagai pelengkap dan sifatnya lebih kepada struktural instruksional, atau mereka yang di tunjuk sebagai ketua adalah yang memiliki kendali penuh terhadap komunitasnya.

dalam pemilihan pemimpin pun komunitas biasanya akan menggunakan sistem aklamasi atau penunjukan secara langsung.

2. Organisasi
setelah kita tau tentang komunitas, disini penulis juga akan bahas tentang Organisasi, apa itu organisasi.? 

organisasi adalah sekumpulan orang yang terdiri dari dua orang atau lebih yang memiliki tujuan bersama secara tersetruktur, biasanya sebuah organisasi akan lahir di saat mereka memiliki kesamaan pandangan dan pemikiran untuk tujuan tertentun, pada sebuah organisasi biasanya memiliki struktural yang masif, selain memiliki strukrur organisasi biasanya sudah memiliki sebuah aturan khusus atau ADRT yang harus di jalani dan di patuhi, dalam pembentukan ADRT pun dalam sebuah organisasi harus mengadakan  sebuah rapat atau sidang Pleno.

dalam sebuah organisasi biasanya kita akan menemukan sekali pemikir-pemikir hebat, dan juga mereka yang memiliki loyalitas kuat. 

urusan kepemimpinan biasanya dalam sebuah komunitas akan mengadakan orientasi khusus dan oemilihan secara demokrasi maupun aklamasi sesuai dengan peraturan yang sudah di buat. 

3. Club
nah setelah berbicara tentang komunitas dan organisasi di sini masih juga ada kelompok yang biasanya menamai dirinya sebagai Club, nah tapi taukah kalian apa itu Club,?

Club adalah perkumpulan yang kegiatannya mengadakan persekutuan untuk maksud tertentu, nah biasanya club ini memiliki hobi dan tujuan yang sama. 

contoh sebuah club motor atau club pecinta hewan, mereka akan memiliki kesamaan dalam hobi atau kesukaannya terhadap satuhal yang sama.

4. Geng
nah ini bahasan kita yang sedikit menarik, setelah tiga bahasan di atas di sini kita akan bahas sedikit tentang Geng, apa itu Geng ? 

adalah sebuah kelompok individu yang saling berkaitan baik teman dekat maupun kesamaan latar belakang seperti lingkungan, pekerjaan, hobi, atau sekolah. nah geng tidak selamanya negatif ya teman.


nah dari pemaparan di atas, kita sudah bisa dong bedain mana organisasi, komunitas, club n geng, jangan sampai salah ya teman dalam memaknai itu semua.

pada dasarnya dimanapun kita berada selagi  kelompok yersebut positif dan membangun maka wajib hukumnya bagi kita untuk selalu Loyal terhadap apa yg sudah kita tentukan. meski begitu tanggung jawab kita harus tetap kita utamakan. " Arifin Soeparman "

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"MITOS" Ratu Pantai Selatan Dan Danau Nibung Mukomuko

" News Nasional " KOPRI PB PMII Mengencam dan Menuntut Oknum Dosen Pelaku Pelecehan Seksual di Pidana!!!

WISATA MUKOMUKO, 6 WISATA AIR TERJUN DI KABUPATEN MUKOMUKO