Pages

INI DIA PERBEDAAN KOMITMEN, KONSISTEM DAN KONSEKUEN

0 komentar

" Gambar Ilustrasi dok.Bengkulu Trip "


Hallo Guyss Sobat portalblogku.com, mendengar kata Komitmen, Konsisten, dan Konsekuen pasti sangat sering dong...? apa lagi kalian yang emang kerjaannya hanya berkomunitas, organisasi dan bahkan dalam sebuah pekerjaan pasti sering kalian mendengar kata itu. 

Lantas Pernah gak kalian berfikir apa si itu sebenarnya Arti dari itu semuanya : nah berikut sedikit kita akan bahas tentang perbedaan dan juga apa si hubungannya...?

Sebelum bahas perbedaan kita coba bahas satu persatu dulu.

1. KOMITMEN
jika menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) Komitmen berarti : perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu; kontrak: perkumpulan mahasiswa seharusnya mempunyai -- thd perjuangan reformasi.

nah.... Sedangkan menurut Rizal Panggabean,
Pengertian KOMITMEN:
- Pembuatan komitmen adalah proses atau mekanisme yang lumrah terjadi dalam hidup kita.
-komitmen adalah langkah atau tindakan yang Anda ambil untuk menopang suatu pilihan tindakan tertentu, sehingga pilihan tindakan itu dapat kita jalankan dengan mantap dan sepenuh hati.

2. KONSISTEN
Lagi-lagi Menurut KBBI Konsistens berarti: tetap (tidak berubah-ubah); taat asas; ajek; 2 selaras; sesuai: perbuatan hendaknya–dng ucapan

nah kesimpulan dari konsisten berarti suatu sikap di mana kita tetap memegang tegus sebuah perinsip.

3. KONSEKUEN 
yapppp masih Menurut KBBI konsekuen berarti : sesuai dengang apa yg telah dikatakan atau diperbuat; berwatak teguh, tidak menyimpang dari apa yg sudah diputuskan.

Hal ini berarti Konsekuen merupkan tindakan atau ucapan yang dilakukan sesuai dengan apa yang telah direncanakan. 

Nah jelas saat kita sudah liat Pengertian satu persatu dari atas pasti udah ada gambaran dong soal perbedaan antara ketiga kata itu. 

yap sangat berbeda Antara Komitmen, Konsisten dan Konsekuen. Jika Komitmen itu di butuhkan sebuah keyakinan dari diri untuk memantapkan atas apa yang akan kita lakukan, sementara konsisten adalah realisasi dari sebuah komiten kita dengan cara megang teguh apa yang sudah kita putuskan, nah dari kedua hal tersebut akan timbulah sebuah Konsekuensi atau konsekuen yang akan datang, semisal kita akan lebih banyak menguras energi, meninggalkan banyak waktu atau yg lain. Meski Berbeda namun semua itu saling berkaitan looo...

Contoh sederhana :
Saat kita memutuskan untuk bergabung dalam sebuah kelompok, maka di situ kita sudah menentuka. komitmen kita terhadap kelompok tersebut dengan menjaga namabaik kelompok atau mengikuti peraturan yang ada, sementara kita juga di tuntut untuk konsisten dalam menjalankan sebuah aturan yg sudah di buat terlebih kita adalah seorang Leader, nah dari itu semua tentunya bakal ada konsekuensinya, contoh konsekuensi yang kita dapat kita tidak bisa punya banyak waktu untuk bersantai, kita harus pandai mengatur jadwal antara kepentingan pribadi dan kelompok, dan masih banyak lagi.

nah mungkin cukup sekian dulu tulisan kita, dan semoga bermanfaat. selamat ber proses....

0 komentar:

Posting Komentar

terimakasih kak, sudah mampir ke bog kami, jika punya informasi menarik, bisa lagsung kirimkan melalui Cp 082280924918