Pages

Manfaat Berkomunitas dan Cara membentuk sebuah Komunitas

0 komentar




Halo Guyssss…….. Kembli lagi di portalblogku.com mari membaca, ini merupakan kelanjutan dari tulisan sebelumny tentang apa itu perbedaan komitmen,konsisten dan konsekuen, serta beberapa pengertian komunitas yang sudah kita bahas pada halaman sebelumnya, nah kali ini kita akan mencoba untuk memaparkan tentang apa Manfaat Berkomunitas dan juga Apa Unsur-unsur pembuatan komunitas,. 


Kita tahu berkmunitas pasti bayak sekali pertanyaan apa manfaatnya kamu mengikuti dan menyibukkan diri dengan sesuatu yang tentunya banyak menyita waktumu dan juga tenaga serta fikiran bahkan finansialmu. Berikut manfaat kita berkomunitas :

1.    Sarana Informasi, penyebaran informasi tertentu dapat menyebar dengan cepat di suatu komunitas. Misalnya komunitas pecinta Alam, maka segala sesuatu tentang kegiatan dan aktivitas tetang alam dan lingkungan akan dengan sangat cepat menyebar di komunitas ini.

2.    Menjalin Hubungan, manusia adalah mahluk sosial yang membutuhkan manusia lainnya dalam hidupnya. Dengan adanya komunitas maka antar sesama anggota dapat menjalin relasi yang lebih baik satu sama lainnya, meski akan ada konflik pada sebuah komunitas tersebut, maka akan dengan cepat bisa di selesaikan dengan cara bermusyawarah di internal komunitas tersebut.

3.    Salin Mendukung, karena adanya minat atau ketertarikan pada bidang tertentu maka setiap anggota komunitas dapat saling memberikan dukungan. Selain mendukung sesama anggotanya, suatu komunitas juga dapat membantu orang lain di luar komunitas tersebut.


Setelah mengetahui tentang beberapa manfaat berkomunitas, kita juga akan membhas tentang unsure unsure dalam membentuk sebuah komunitas, adapun beberapa unsure unsure kita dalam membentuk sebuah komunitas adalah sebagai berikut :

1. Unsur seperasaan 

Unsur seperasaan merupakan unsur yang menyebabkan seseorang untuk berusaha mengidentifikasi dirinya seperti orang-orang yang tergabung dalam kelompok tersebut sehingga hal ini mendorong terhambatnya bentuk-bentuk perubahan sosial anggota kelompok lain untuk menyebut dirinya sebagai bagian dari komunitas tersebut. Adanya perasaan dalam kelompok mendorong terciptanya solidaritas antar anggota kelompok jika terdapat kepentingan yang sama dari anggota tersebut dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang utama. 

2. Unsur sepenanggungan 

Setiap anggota sangat sadar akan peran dan fungsinya dalam kelompok tersebut. Keadaan yang terjadi di dalam suatu masyarakat akan sangat memungkinkan anggota kelompok dalam menjalankan peranannya sehingga hal ini mendorong anggota kelompok dalam mempunyai kedudukan yang sejajar dan pasti dalam unsur-unsur komunitas tersebut 

3. Unsur saling memerlukan 

Unsur saling memerlukan mempengaruhi setiap anggota suatu komunitas untuk mencegah terjadinya disintegrasi sosial saling merasakan sebuah ketergantungan terhadap komunitas yang diikutinya baik dalam segi material ataupun spiritual sehingga hal ini membuat anggota komunitas menjadi saling memerlukan. 

Berikut adalah beberapa perwujudan nyata dari suatu komunitas: 

Terdapat berbagai kebiasaan komunitas contohnya pakaian masyarakat desa yang dilihat dari bentuk atau mode, bahan dan warna tidak pernah menjadi persoalan. Yang difokuskan disini adalah dari segi fungsi yang dapat melindungi seseorang dari panas dan dingin. Hal ini sangat berbeda dengan orang kota yang sangat memperdulikan model baju yang dipakai 

Adanya perilaku tertentu sebagai tanda khas atau identitas suatu komunitas. Misalnya adalah rasa gotong royong yang menjadi ciri khas masayarakat pedesaan, atau logat bahasa khas yang dipakai akan menentukan darimana ornag tersebut berasal. 

Adanya cerita-cerita rakyat atau mitos. Misalnya cerita Nyi Roro Kidul yang beredar di masayarakat pesisir Pantai Selatan Jawa sebagai Ratu Penguasa Laut Pantai Selatan

Demikian unsur-unsur yang menyusun sebuah komunitas. Semoga pengetahuan ini menambah wawasan pengetahuan kita khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan sosial dan bermanfaat di kehidupan selanjutnya.



0 komentar:

Posting Komentar

terimakasih kak, sudah mampir ke bog kami, jika punya informasi menarik, bisa lagsung kirimkan melalui Cp 082280924918