Minggu, 20 September 2020

TAHUKAH KITA ? TAHUN BERAPA RAFFLESIA ARNOLDI DI TEMUKAN ?

 


Haloo, Taukah kalian Provinsi mana yang terkenal dengan Icon Bunga Raksaksa Bewarna Merah dan Berbintik serta memiliki Aroma yang Kurang Sedap, tapi menjadi salah satu bunga Yang di lindungi ?

Pasti udah gak asing dong dengan ciri-ciri itu, Ya Bunga itu namanya Rafflesia Arnoldi yang banyak di jumpai di Provinsi Bengkulu.

Nah.. Ngomong-Ngomong Soal Bunga Rafflesia Arnoldi Tau gak si kalian Tahun Berapa Bunga ini di temukan, serta bagaimana proses penemuannya ? terus apa sebutan bunga ini oleh masyarakat setempat ? Cari tauYuk di sini.

Hal ini di mulai pada masa Penjajahan Kolonial Inggris dimana Seorang Berpangkat Letnan Gubernur baru saja datang di Bencoolen pada Tanggal 22 Maret 1818, Yaitu Sir TH.ST.Raffles beserta sang istri Sephia Hull.

Di awal kedatangannya Raffles di sambut dengan bencana dahyat yakni Gempa Bumi Pada 18 Maret Sampai 8 April Tahun 1818, dimana bencana tersebut memporak porandakan kota Bencoolen pada waktu itu.

Bersama Masyarakat Raffles kembali membangun pemukiman, dan rumah kediaman Gubernur pada waktu itu Rafflesia Juga Menggiatkan Perkebunan Milik Inggris Maupun Milik Pribumi. Industri Pembangunan Dibidang Tambangg Emas Pun Digalakkan. Hutan Pun Berlimpah, Hasil Sehingga Perdagangan Berjalan Lancar. Berbagai Bangsa Banyak Menetap Di Benccolen. Diantaranya Cina, India Eopa / Jerman.

Jalan-Jalan Raya Dibangun Lebih Lebar, Kiri Kanan Ditanam Pohon Pelindung, Kereta-Kereta Kuda "Bugies" Dan Pelankin Tampak Simpang Siur, Baik Milik Perorangan Maupun Angkutan Umum, Menambah Hidupnya Perniagaan Di Kota Benccolen. 

Nah disini Raffles Nemuin Bunga Raksasa Tersebut tepatnya Tanggal 20 Mei 1818 Raffles Beserta Isterinya Ikut Serta Dc. Arnold Dan Mr. Presgrave (Residen Inggris Di Manna) Sedang Mengadakan Peninjauan Ke Daerah Pasemah Ulu Manna Mereka Menemukan Bunga Raksasa dan Untuk Mengenag Penemu Kemudian Diberikan Sebutan "Raffles-Arnoldi".

 nah taukan Kenala kok bunga itu di namakan Rafflesia Arnoldi, ternyata sebuah kenangan dari nama Penemunya, nah sebelum di temukan oleh kedua Mister-mister tadi ternyata bunga itu sudah memiliki nama lo, yang mana Para Penduduk Pribumi Mengenal Bunga tersebut  dengan Nama “ Pentimun Sikinlil " Yang Artinya  ( Tempat Sirih Setan ).

Nah itu tadi seklias tentang Bagaimana Bunga Rafflesia Arnoldi Di temukan, serta sebutan penduduk asli untuk bunga itu. Semoga bias menambah pengetahuan untuk kita semua.


Sumber : 

1. Buku “ Kilas Balik Sejarah Asal Nama Kota Bengkulu “ Hal.61-66

2. Gambar