Jumat, 10 September 2021

BLK RAUDHATUNNAJAH FOKUS KEMBANGKAN UMKM


Portalblogku.com - Untuk mewujudkan SDM yang memiliki keterampilan dan kualifikasi yang baik, salah satu upaya pemerintah yakni membangun banyak Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas di seluruh Indonesia, ini sesuai dengan target pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian ketenaga kerjaan Republik indonesia yang mana pada tahun 2020 lalu 2000 BLK Berdiri di seluruh Indonesia.


Salah satu BLK yang saat ini terus melakukan peningkatan kualitas dan keterampilannya adalah BLKK PPA RAUDHATUNNAJAH yang terletak di Desa Bandar Jaya, Kecamatan Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu.


Ipan Soparudin, SH selaku ketua BLKK PPA RAUDHATUNNAJAH mengatakan bahwa  BLK yang ia pimpin saat ini melakukan fokus pada pengolahan hasil pertanian dan perikanan untuk menjadi makanan kudapan berbentuk kue basah dan kue kering.


" Saat ini BLKK PPA RAUDHATUNNAJAH Fokus pada bidang kuliner, dengan memanfaatkan hasil pertanian dan perikanan masyarakat sekitar untuk di jadikan kue kering dan kue basah " ujarnya.


Ipan juga menyampaikan bahwasanya di daerah tempat BLK berdiri terdapat hasil pertanian dan perikanan yang dapat di manfaatkan menjadi peluang usaha baru, sehingga produk-produk yang di hasilkan dapat menambah nilai jual dan memberikan benefit untuk para peserta setelah selesai menjalani masa latihan.


" Disini kan banyak hasil kebun dan perikanan, jadi kenapa tidak, kita buat trobosan baru agar itu bisa kita olah, kan bisa menghasilkan benefit dan peluang usaha baru bagi peserta " imbuhnya yang juga merupakan guru di tempat tersebut.


BLKK PPA RAUDHATUNNAJAH sendiri telah berdiri sejak 2020 lalu dan saat ini berbagai produk sudah dapat di hasilkan melalui pelatihan tersebut, diantara beberapa produk tersebut antara lain, bakso goreng, kerupuk, keripik, nugget, dan berbagai makanan ringan lainnya, yang mana produknya sudah di pasarkan di sekitar daerah tersebut dan di pasar-pasar tradisional.


Ditulis oleh Ahmad Arifin